Lawan Covid-19: Kenali 5 Nutrisi Utama yang Penting Untuk Sistem Imunitas Tubuh

Lawan Covid-19: Kenali 5 Nutrisi Utama yang Penting Untuk Sistem Imunitas Tubuh

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 yang sekarang masih berlangsung ini membuat banyak orang sadar sekali akan kesehatan dan spesifiknya daya tahan tubuh. Jika kamu memiliki daya tahan tubuh yang baik, dipercaya kamu bisa terhindar dari infeksi virus corona ini.

Namun pertanyaannya adalah darimana kita mengetahui kalau tubuh ini sudah memiliki daya tahan tubuh yang baik? Perlu kamu ketahui kalau daya tahan tubuh yang optimal bisa dibentuk dari asupan makanan yang masuk ke tubuh.

 

 

Yang perlu diperhatikan dari asupan makanan tersebut adalah zat gizi yang penting dan diperlukan oleh tubuh untuk membuat daya tahan tubuh yang optimal. Apa saja sih zat gizi yang dimaksud? Untuk selengkapnya, sila simak bahasan kali ini sampai habis!

 

Vitamin A

Vitamin A mempunyai tugas seperti tenaga medis yang menangani Covid-19, lho: jadi garda terdepan sebagai garis pertahanan pertama tubuh. Vitamin A sendiri juga berfungsi sebagai penjaga struktur sel di kulit, saluran pernapasan dan kesehatan usus.

Lalu di dalam makanan seperti apa yang kandungan Vitamin A nya melimpah? Vitamin A bisa ditemukan dengan mudah di ikan, kuning telur, keju, tahu, kacang-kacangan, biji-bijian dan beberapa sayuran yang mengandung beta-karoten bisa juga dikonversi jadi Vitamin A.

 

Vitamin B

Khususnya B6, B9, dan B12 – vitamin B tersebut bisa berkontribusi untuk tubuh setelah mengetahui adanya  infeksi virus karena sel patogen. Sel ini juga menjadi penjaga atau bahkan menjadi pembunuh alami dari infeksi virus yang masuk ke dalam tubuh.

Vitamin B bisa ditemukan di banyak jenis makanan. Dari kacang-kacangan, daging ayam, ikan, sayuran dan masih banyak lagi. Untuk Vitamin B12 bisa kamu temukan di produk hewani seperti telur, susu atau keju.

 

Vitamin C dan E

Vitamin C dan E seperti yang diketahui bersama, adalah beberapa komponen yang bisa membantu tubuh untuk menciptakan daya tahan tubuh yang baik. Perlu kamu ketahui kalau tubuh terinfeksi virus, maka respon pertama adalah stress oksidatif.

Stres oksidatif ini adalah proses radikal bebas yang berhasil menembus dinding sel sehingga bisa menciptakan peradangan. Nah vitamin C dan E inilah yang membantu melindungi sel dari stress oksidatif tersebut.

Vitamin C juga merangsang dan membantu tubuh untuk membersihkan kekacauan yang terjadi di dalam tubuh dengan memproduksi sel-sel khusus yang meningkatkan sistem imun seperti fagosit, limfosit dan neutrofil.

Sumber vitamin C yang paling mudah ditemui adalah dari buah-buahan seperti jeruk, jeruk lemon, berbagai jenis buah beri, buah kiwi, tomat dan sampai ke brokoli.

 

Vitamin D

Beberapa sel yang berfungsi sebagai daya tahan tubuh kita membutuhkan Vitamin D untuk membantu menghancurkan patogen yang menyebabkan infeksi. Umumnya diketahui kalau dengan berjemur di bawah matahari pagi, tubuh bisa memproduksi vitamin D.

Namun, untuk membantu asupan vitamin D yang cukup – kamu bisa mengonsumsi makanan seperti telur, ikan, susu dan margarin.

 

Besi, Zinc, Selenium

Selain berbagai vitamin seperti yang sudah disebutkan di atas – tubuh membutuhkan zat besi, zinc dan selenium untuk merangsang pertumbuhan sel kekebalan tubuh dan fungsi lainnya.

Zinc sendiri bisa membantu menjaga integritas kulit dan juga bertindak sebagai antioksidan, membantu tubuh membersihkan beberapa kerusakan yang terjadi oleh stress oksidatif. Buat kamu yang bingung dari mana Zinc bisa didapatkan, jenis makanan seperti ayam, ikan dan kacang-kacangan adalah sumber dari Zinc.

 

Enervon C dan Enervon Active Bisa Bantu Lengkapi Kebutuhan

Sistem Imun dan Daya Tahan Tubuh!

Nah, untuk melengkapi asupan harian kamu – Enervon C dan Enervon Active mempunyai kandungan yang juga bisa bantu tubuh mempunyai daya tahan atau sistem imun yang optimal, lho. Seperti Enervon C, yang mengandung Vitamin C dan Vitamin B Kompleks yang bisa bantu jaga kekebalan tubuh kamu.

 

 

Atau seperti Enervon Active yang juga mempunyai Vitamin C,Vitamin B Kompleks serta Zinc – bisa bantu kamu punya daya tahan tubuh yang baik dan bisa terus beraktivitas karena energi yang dihasilkan oleh tubuh sempurna.

 

 

Feature Image – CNN Indonesia


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!