Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini, membuat bulan puasa berbeda. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi yang harus berpuasa sembari melakukan work from home.

Credit: freepik.com

Kalau biasanya bekerja di kantor saat puasa, bisa membuat waktu jadi lebih tak terasa. Beda dengan ketika work from home, waktu jadi terasa lebih lama dan tidak jarang kamu jadi merasa bad mood karena hal ini. Nah, untuk mengatasinya berikut ini 5 tips ampuh untuk membangkitkan kembali mood kamu selama bekerja di rumah saat bulan puasa.

Mandi Pagi

Work from home tak menjadi alasan untukmu agar boleh bermalas- malasan di rumah. Lakukan aktivitas seperti saat kamu pergi ke kantor, seperti setelah bangun tidur di pagi hari, segera mandi agar kamu merasa lebih ‘melek’ dan tubuh jadi lebih segar.

Menurut beberapa penelitian, mandi setelah bangun tidur ampuh untuk membuat kamu jadi lebih semangat. Untuk kamu yang belum terbiasa, coba pelan- pelan terapkan kebiasaan baik ini, ya.

Aktivitas Fisik

Meskipun sedang puasa, tak ada salahnya untuk melakukan olahraga ringan di rumah. Kamu bisa melakukan gerakan push- up, sit up, atau gerakan olahraga ringan lainnya. Olahraga selama puasa, dapat membuat tubuh jadi lebih sehat dan segar, serta membantu melepaskan hormon bahagia ke dalam otak. Dengan begitu, mood kamu akan terasa lebih baik.

Gunakan Pakaian Rapih

Untuk membangkitkan mood selama work from home di bulan puasa, kamu bisa sedikit bermain ‘dress up’ dengan mengenakan pakaian rapih atau favorit kamu. Tapi ingat, pilihlah pakaian atau busana yang nyaman dan sesuaikan dengan suhu di rumah kamu, ya. Jadi, jangan sampai kamu mengenakan pakaian yang terlalu tebal, padahal cuaca sedang panas! Bisa- bisa, kamu malah jadi makin bad mood, nih.

Bagi perempuan, tidak ada salahnya jika ingin menggunakan sedikit makeup di wajah agar terlihat terlbih segar. Hal ini juga dapat menjadi nilai tambah saat kamu harus melakukan conference call dengan rekan kerja atau klien.

Credit: tribunnews.com

Tempat Kerja

Cari spot ternyaman untuk kamu bekerja, dan kalau bisa bekerja di atas meja agar kamu merasa tidak malas. Lalu, atur tempat kerjamu supaya bekerja jadi lebih semangat dan kamu juga merasa nyaman. Selain itu, hindari untuk bekerja di atas kasur, ya. Karena selain tidak baik untuk postur tubuh, bekerja di atas kasur juga dapat meningkatkan rasa malas, lho.

Istirahat Sejenak

Asyik dalam bekerja boleh saja, tapi jangan lupa untuk tetap beristirahat, ya. Tentukan kapan waktu kamu untuk istirahat dan rehat sejenak dari pekerjaan. Selama puasa ini, kamu bisa istirahat dengan power nap selama 15-20 menit. Cara ini ampuh untuk memberikan energi tambahan, sehinga kamu dapat tetap fokus selama bekerja.

Bagaimana nih? Sekarang sudah tahu ya tips- tips yang sebaiknya kamu lakukan untuk meningkatkan mood selama bekerja dari rumah di bulan puasa ini. Yuk, jangan lupa untuk diterapkan, agar kerja jadi lebih semangat dan produktif!

 

Featured Image - lifemanagement.org