Ketahui Sejumlah Manfaat Vitamin B1 dan Sumber Terbaiknya

Ketahui Sejumlah Manfaat Vitamin B1 dan Sumber Terbaiknya

Tubuh membutuhkan berbagai macam vitamin untuk tetap menjaga kesehatan dan kinerjanya. Vitamin B kompleks merupakan satu dari sejumlah vitamin penting untuk tubuh, terutama perannya sebagai sumber energi. Vitamin ini sendiri terdiri dari 8 vitamin B yang memiliki manfaat dan fungsinya masing- masing.

Salah satu yang termasuk vitamin B kompleks adalah vitamin B1 atau Tiamin yang memiliki peran untuk mengubah karbohidrat dari makanan menjadi energi untuk tubuh. Vitamin yang larut air ini akan dibawa oleh aliran darah untuk disalurkan ke seluruh tubuh, khususnya untuk menjaga fungsi otak, sistem saraf, dan jantung  agar bekerja dengan baik.

Nah, selain dapat menjaga timbulnya masalah pada organ tubuh. Vitamin B1 juga memiliki sejumlah manfaat baik lain yang mungkin belum kamu ketahui. Apa saja manfaat tersebut? Dan apa saja sumber terbaik vitamin B1? Berikut ulasannya.

Manfaat Vitamin B1 Untuk Tubuh

Ketahui Sejumlah Manfaat Vitamin B1 dan Sumber Terbaiknya

Credit: parenting.firstcry.com

Jaga Energi Jadi Lebih Tahan Lama

Selama beraktivitas, tubuhmu tentu membutuhkan banyak energi agar tak mudah lelah. Salah satu manfaat vitamin B1 adalah mengubah makanan karbohidrat yang kamu konsumsi menjadi sumber energi bagi tubuhmu. Seperti yang sudah diketahui, karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh, terutama bagi otak dan sistem saraf.

Bantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin B1 atau Tiamin merupakan salah satu vitamin yang juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin B1 juga dapat membantu meringankan berbagai penyakit, seperti sariawan, diabetes, penyakit jantung, sistem imun tubuh yang lemah, serta penyakit glaukoma dan gangguan penglihatan lainnya.

Meningkatkan Fungsi Kognitif Pada Pasien Alzheimer

Dikutip dari hellosehat, vitamin B1 bisa membantu memperbaiki fungsi otak, terutama pada penderita Alzheimer. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang diterbitkan oleh Vietnamese American Medical Research Foundation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien Alzheimer yang mendapat cukup asupan vitamin B1 mengalami peningkatan fungsi kognitif.

Bantu Reda Stres

Vitamin B1 juga dikenal sebagai vitamin antistress lho. Mendapat asupan vitamin B1 yang cukup dapat membantu mengendalikan suasana hati serta gangguan lainnya yang diakibatkan oleh stres.

Dengan memenuhi kebutuhan vitamin B1, orang yang mudah stres dapat merasa lebih tenang, berpikir positif dan jernih, serta lebih sanggup melawan stres yang sedang dialaminya.

Sumber Terbaik Vitamin B1 (Tiamin)

Ketahui Sejumlah Manfaat Vitamin B1 dan Sumber Terbaiknya

Credit: doctoroz.com

Vitamin B1 merupakan jenis vitamin yang tak dapat diproduksi dan disimpan teralu lama dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhannya secara rutin.

Kamu bisa memperoleh asupan vitamin B1 dari berbagai sumber makanan seperti daging, telur, kacang kedelai, lentil, gandum utuh yang kaya akan vitamin B1 misalnya sereal, roti, dan pasta. Lalu, bisa juga diperoleh dari nasi, serta sayur dan buah seperti kembang kol, jeruk, dan kentang.

Namun terkadang, memenuhi kebutuhan vitamin  B1 dari makanan saja belum tentu cukup lho. Terutama, jika cara mengolah makanan yang salah sehingga kandungan vitamin di dalamnya jadi rusak. Tapi tenang saja! Kamu bisa mengonsumsi multivitamin kok untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin tubuh.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C tablet yang mengandung 500mg vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, niasinamide, dan kalsium pantotenat. Selain bentuk tablet, kamu juga bisa mengonsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung 1000mg vitamin C.

Sejumlah kandungan tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu dan meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi sumber energi yang baik untuk tubuhmu. Jadi, jika kamu rutin mengonsumsi multivitamin dua kali sehari, tubuh jadi segar dan lebih berenergi!

 

 

Featured Image - ogsc.org


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!