Seperti diketahui, vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk membentuk herd immunity – yang dapat membantu mengatasi pandemi Covid-19, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Selain mendapatkan vaksin, masyarakat juga disarankan untuk tetap menjalani cara sehat lainnya yang dapat menjaga imunitas.

Di tengah pandemi Covid-19 menguatkan imun tubuh termasuk salah satu cara mencegah terjadinya infeksi virus. Dengan sistem kekebalan yang kuat – maka, tubuh pun lebih terlindungi dari serangan virus, bakteri, maupun kuman penyebab penyakit, termasuk virus corona.

Agar manfaat dari vaksin menjadi lebih maksimal, penting bagimu untuk terus menjaga daya tahan tubuh ya. Memang, vaksin berperan untuk membantu mencegah gejala penyakit Covid-19 – tapi, mengoptimalkan perlindungan tubuh dengan melakukan hal lainnya juga perlu diterapkan, lho.

Lantas, bagaimana sih cara tepat menjaga imun tubuh usai mendapatkan vaksin? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

 

 

Dapatkan Waktu Tidur Berkualitas

Credit Image - kompas.com

Hal pertama yang mesti dilakukan, yaitu tetap menjaga waktu tidur agar tetap tercukupi. Jangan karena sudah mendapat vaksin, lalu kamu bisa acuhkan kualitas tidur. Dilansir dari Healthline, tidur yang cukup dan berkualitas – dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sebab tidur mampu meningkatkan sel T yang melawan infeksi.

Tidur yang berkualitas dapat meningkatkan kemampuan sel T – untuk melekat, kemudian menghancurkan sel tubuh yang terinfeksi virus, maupun patogen lainnya. Jadi, usahakan beristirahat selama 7-8 jam dalam semalam ya.

 

Perhatikan Asupan Makanan, Pilih Menu yang Sehat!

Kemudian, cara lain yang dapat dilakukan untuk menjaga imun usai vaksin dengan menerapkan pola makan sehat. Ini termasuk mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi dan vitamin, seperti buah-buahan, dan sayur. Perlu diketahui, kedua jenis makanan tersebut juga tinggi antioksidan – yang baik untuk melawan radikal bebas, lho.

Selain itu, kurangi pula asupan gula, lemak, dan makanan olahan – serta, disarankan memilih daging tanpa lemak. Jika kamu merasa tidak mendapatkan cukup vitamin dan nutrisi dari makanan, direkomendasikan untuk rutin mengonsumsi multivitamin.

 

Pastikan Kamu Tetap Aktif Bergerak

Credit Image - alodokter.com

Menjaga tubuh tetap aktif juga ampuh menjaga daya tahan tubuh semakin optimal. Lakukan aktivitas fisik secara teratur, setidaknya 30 menit per hari – sebanyak 3 kali dalam satu minggu. Tenang, tak perlu melakukan olahraga yang berat kok, cukup aktivitas dengan intensitas ringan atau sedang, seperti bersepeda, yoga, dan berenang.

Tapi, bagaimana kalau tidak punya banyak waktu untuk berolahraga? Kamu juga bisa berjalan kaki 30 menit setiap harinya. Dilansir dari Time, sebuah studi menemukan bahwa dengan rutin berjalan kaki dapat meningkatkan sirkulasi sel pembunuh alami, sel darah putih, dan tentunya meningkatkan imun tubuh.

 

Kelola Stres dengan Baik

Mengelola stres dengan baik untuk menjaga imun juga wajib diperhatikan nih. Sebab, stres terbukti dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh, sekaligus menurunkan kinerjanya. Ketika stres, tubuh akan meningkatkan produksi kortisol – hormon yang membantu tubuh menghadapi situasi stres.

Mungkin, stres jangka pendek tidak berbahaya bagi tubuh, namun stres kronis bisa menurunkan respons sitem kekebalan tubuh. Sehingga, kamu pun lebih rentan terhadap virus dan penyakit. Nah, untuk mengurangi tingkat stres – lakukan berbagai kegiatan relaksasi, atau hobi yang kamu senangi.

 

Menjaga Berat Badan Ideal Juga Penting

Credit Image - sehatq.com

Cara lain meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah Covid-19 adalah menjaga berat badan yang sehat. Penurunan berat badan penting karena membawa terlalu banyak beban akan berdampak negatif pada sistem imunitas, lho.

Jika tubuh kelebihan berat badan, kamu dapat meningkatkan aktivitas fisik, serta mengatur pola makan sehat ya – ketika keduanya dilakukan secara konsisten, pastinya dapat membantu menurunkan berat badan, sekaligus menjadikan tubuh lebih bugar.

 

Usai Vaksin, Konsumsi Suplemen Masih Direkomendasikan

Dilansir dari CNN Indonesia – berdasarkan informasi dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Gatot Soegiarto mengatakan bahwa meskipun sudah menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga teratur dan telah divaksin, namun konsumsi suplemen sebaiknya masih terus dilanjutkan. Dengan demikian, perlindungan optimal pun bisa didapatkan tubuh.

Hal ini juga diperlukan karena adanya faktor usia yang bisa menurunkan sistem imun tubuh. Jadi, organ tubuh tetap membutuhkan suplemen sebagai penunjang kekebalan tubuh.

Adapun suplemen yang baik dikonsumsi, termasuk setelah mendapat vaksin Covid-19, yaitu suplemen jenis imunomodulator. Ini merupakan jenis suplemen yang dapat membantu meningkatkan pembentukan sistem imun – atau menahan laju pembentukan sistem imun ketika tubuh merasa sudah terbentuk dalam jumlah cukup.

Untuk suplemen yang direkomendasikan – kamu dapat konsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Atau, kamu dapat konsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

 

Yang perlu ditekankan bahwa penerapan protokol kesehatan – memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan juga sangat perlu dilakukan secara disiplin, meskipun sudah mendapatkan vaksin. Ingat, jangan sampai lengah! Sebab, vaksin belum tentu bisa membuatmu kebal terhadap virus corona, lho.

 

 

Featured Image - arusbaik.id

Source - kesehatan.kontan.co.id