Punya aktivitas yang padat selama bekerja di rumah mungkin merupakan kondisi yang kerap dialami banyak pekerja. Seakan-akan, tugas tidak kunjung selesai, bahkan semakin menumpuk. Jangan disepelekan, meskipun wajar terjadi, namun hal tersebut dapat membuat tubuh lebih mudah lelah, serta kehilangan energi. Kondisi ini juga bisa berdampak negatif terhadap kegiatan sehari-hari – dan produktivitas dapat menurun.

Jika kamu tengah mengalami kondisi tersebut, sebaiknya tetap perhatikan asupan makanan yang bergizi seimbang, sehingga stamina tetap terjaga meskipun aktivitas sedang padat. Makanan berenergi juga mudah untuk diperoleh, seperti dari sumber protein, serat, dan lemak sehat. Sejumlah makanan tersebut bisa dikombinasikan agar hasilnya lebih maksimal.

Lantas, apa saja sih makanan yang disebut-sebut dapat memberikan energi sepanjang hari? Berikut ini 7 di antaranya. Yuk, simak selengkapnya – dan pastikan kamu rutin mengonsumsinya, terlebih selama masa WFH!

 

 

#1 – Telur

Credit Image - eatthis.com

Makanan pertama yang dianjurkan dikonsumsi, yaitu telur. Jenis makanan ini pun mudah ditemukan, bahkan sudah sering dijadikan sebagai salah satu bahan masakan sehari-hari. Seperti diketahui, telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Nah, protein memang bisa memberikan energi agar tubuh tidak mudah lelah selama WFH.

Protein akan membantu tubuh tetap berenergi sepanjang hari. Untuk itu, dianjurkan mengonsumsi telur secara utuh, baik bagian putih maupun kuning telur. Dalam hal ini, kuning telur menjadi bagian yang mengandung tinggi vitamin dan mineral. Tentunya, hal tersebut tak hanya baik untuk meningkatkan energi saja, namun juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

 

#2 – Ubi

Selain nasi, ada jenis karbohidrat lainnya yang dapat dijadikan sebagai sumber energi. Direkomendasikan untuk memilih ubi sebagai sumber energi yang tidak kalah baiknya. Dilansir dari Healthline, dalam 100 gram ubi terkandung sebesar 25 gram karbohidrat kompleks, 3,1 gram serat, 25 persen kebutuhan mangan, dan 564 persen kebutuhan vitamin A.

Bahkan, energi yang diberikan dari makanan yang satu ini pun disebut lebih awet, karena mengandung serat dan karbohidrat kompleks – keduanya tidak mudah diurai, sehingga bisa menahan lapar lebih lama. Tubuh akan mencernanya secara perlahan, sehingga tidak perlu khawatir akan rasa kantuk atau lemas.

 

#3 – Alpukat

Credit Image - wellness-trends.com

Sepertinya, hampir setiap orang menyukai buah yang satu ini. Alpukat pun bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan makanan yang dapat memberikan energi pada tubuh. Meski punya kandungan lemak, namun alpukat memiliki lemak sehat dan sumber energi yang tepat. Selama konsumsinya tetap dibatasi – dan tidak berlebihan, alpukat justru baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Pada alpukat terkandung 84 persen lemak sehat yang terdiri dari asam lemak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. Lemak sehat ini mampu mengoptimalkan kadar lemak dalam darah – serta membantu penyerapan nutrisi. Lemak sehat juga bisa disimpan dalam tubuh, kemudian digunakan sebagai sumber energi.

 

#4 – Selai Kacang

Masa sih selai kacang bisa dijadikan sebagai salah satu sumber energi? Ya, makanan yang satu ini bisa dijadikan sebagai camilan sehat agar tubuh tidak mudah lemas. Misalnya, jika kamu merasa lapar di jam makan siang menuju makan malam, maka tidak ada salahnya untuk mengonsumsi selai kacang yang dipadukan dengan roti gandum.

Dikutip dari Eating Well, kacang merupakan sumber magnesium dan fosfor, keduanya merupakan zat gizi penting untuk memproduksi energi. Kemudian, ada pula kandungan niacin di dalam kacang yang membantu mengubah makanan menjadi sumber energi.

Perpaduan kacang dengan jenis pangan yang mengandung kandungan karbohidrat kompleks – seperti roti gandum, dapat memberikan pasokan energi yang baik untuk tubuh.

 

#5 – Pisang

Credit Image - independent.co.uk

Buah yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu makanan kaya akan sumber energi. Tidak heran, jika banyak yang memilih mengonsumsi pisang sebagai camilan, ketika sedang lapar. Sebuah studi yang diterbitkan dalam PLOS One menemukan bahwa konsumsi pisang sebelum – atau selama berolahraga termasuk asupan yang baik dan mampu mendukung performa.

Bahkan, pisang juga disebut sebagai salah satu buah sumber energi terbaik. Buah ini mengandung campuran karbohidrat kompleks, potassium, dan vitamin B6 – kombinasi ketiganya dapat meningkatkan sumber energi tubuh, sehingga mampu menjalani berbagai aktivitas seharian penuh.

 

#6 – Sayuran Hijau

Yang terakhir, ada pula sayuran hijau yang dikenal sebagai sumber energi baik untuk tubuh. Sumber makanan yang satu ini juga dianjurkan dikonsumsi setiap hari, sebagai pelengkap diet harian. Sayuran hijau, seperti bayam, sawi, kale, brokoli, dan kacang panjang dapat membantu memasok energi yang besar buat tubuh.

Sayuran hijau merupakan sumber nitrat, yaitu substansi yang akan diubah oleh tubuh menjadi oksida nitrat. Nantinya, oksida nitrat akan membuka pembuluh darah, sehingga aliran darah meningkat, serta fungsi otot menjadi lebih baik. Mudahnya, tubuh pun akan memperoleh asupan energi yang cukup selama seharian.

 

#7 – Makanan Vitamin B Kompleks

Credit Image - renuerx.com

Untuk mempertahankan energi tubuh selama WFH, yang juga tidak kalah penting, yaitu rutin mendapatkan asupan vitamin B kompleks setiap harinya. Perlu diketahui, vitamin B berperan untuk membantu proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh pasokan energi yang cukup setiap harinya. Dengan begitu, tubuh tidak mudah lelah selama menjalani aktivitas.

Vitamin B kompleks dapat ditemukan dalam berbagai sumber makanan, seperti daging merah dan daging ayam, ikan, kerang, kacang-kacangan, gandum, dan sayuran hijau. Selain itu, disarankan pula untuk mengonsumsi suplemen multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon-C atau Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan Vitamin C di dalam kedua multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit!

Untuk mendapatkan sejumlah produk Enervon, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Selain itu, multivitamin Enervon juga bisa didapatkan di drug store maupun apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah 7 sumber makanan yang bisa membantu meningkatkan energi tubuh. Yuk, rutin dikonsumsi ya, Enervoners!

 

 

Featured Image - realfood.tesco.com

Source - cnnindonesia.com