Tahukah kamu bahwa tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C secara alami? Ya, dengan adanya hal tersebut, bisa dipastikan kalau kamu butuh mendapatkan asupan vitamin yang satu ini secara rutin, baik dari sumber makanan – seperti buah dan sayuran kaya akan vitamin C, maupun suplemen multivitamin yang punya kandungan lengkap.

Namun, biar manfaat vitamin C semakin terasa, terutama dalam mempertahankan sistem imunitas tubuh, ada beragam cara yang penting kamu perhatikan, lho. Pastinya, kamu ingin asupan nutrisi bisa diserap secara maksimal – tanpa harus terbuang begitu saja, kan?

Nah, kali ini Enervon punya 4 tips penting yang bisa membantu penyerapan vitamin, termasuk asam askorbat, sehingga manfaat vitamin C bisa segera dirasakan. Biar tak lagi penasaran, yuk langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini, Enervoners!

 

 

#1 – Mengolah Makanan Tinggi Vitamin C Secara Tepat

Credit Image - themom100.com

Seperti disebutkan, sumber vitamin C bisa berasal dari makanan, seperti sayur dan buah. Untuk sayur yang kaya akan vitamin C, maka kamu perlu berhati-hati dalam mengolahnya, lho. Bagaimana tidak? Salah memasak sayur yang mengandung vitamin ini, justru dapat merusak kandungan nutrisi di dalamnya, sehingga manfaat vitamin C pun tak bisa kamu rasakan.

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Ini artinya, vitamin C dapat mudah terurai ketika terpapar dengan panas dan air. Untuk itu, biar manfaat vitamin C tetap terasa – dan agar kandungannya tak rusak, kamu disarankan menghindari memasak, memanggang, atau merebus sayurannya terlalu lama.

Apalagi, kalau kamu memasak sayuran hijau, sebisa mungkin pertahankan warna sayuran tetap hijau terang, ya. Cobalah mengolah sayuran tinggi vitamin C dalam bentuk sup – atau ditumis, namun pastikan tekstur sayur tetap renyah.

Sementara itu, untuk buah-buahan, ada baiknya dimakan bersama kulitnya, namun kamu harus mencuci buah-buahan terlebih dahulu, lho. Intinya, semakin baik kualitas nutrisi makanan, maka semakin besar kesempatan tubuhmu untuk memperoleh manfaat vitamin C.

 

#2 – Batasi Asupan Kafein

Credit Image - klikdokter.com

Kamu perlu tahu bahwa kafein memiliki sifat diuretic, yaitu dapat membuat tubuh memproduksi lebih banyak urin. Lantas, apa kaitannya dengan proses penyerapan vitamin C? Nah, ketika kafein berada di dalam tubuh, maka vitamin C juga akan lebih mudah larut, bahkan bisa ikut terbuang bersama urin. Kalau begini, manfaat vitamin C bakal lebih susah didapati, lho.

Selain itu, kafein juga dapat memengaruhi fungsi sel lambung dan usus, sehingga vitamin C yang diolah oleh sistem pencernaan akan lebih sulit untuk masuk ke dalam aliran darah. Jadi, tetap batasi asupan kafein agar tubuh dapat menyerap nutrisi dari vitamin C dengan baik. Hal ini juga bisa bikin tubuh tetap segar, nih!

 

#3 – Mengurangi Makanan Tinggi Gula

Credit Image - merdeka.com

Tips lainnya yang perlu diterapkan agar manfaat vitamin C bisa dirasakan dengan maksimal adalah mengurangi asupan makanan tinggi gula. Mengapa demikian? Vitamin C yang kamu konsumsi bakal diproses melewati dinding usus – kemudian, proses penyerapannya akan dilakukan di usus kecil, ya. Nantinya, vitamin C pun akan diangkut bersama glukosa.

Kalau kamu mengonsumsi makanan yang tinggi gula secara berlebihan, maka jumlah vitamin C yang diserap tubuh pun menjadi lebih sedikit, lho. Hal ini tentu bisa memengaruhi manfaat vitamin C untuk tubuh, kan? Jadi, untuk menghindari gangguan penyerapan nutrisi yang satu ini, sebaiknya kurangi porsi makanan tinggi gula – atau beri jarak makan di antara keduanya.

 

#4 – Kelola Stres Dengan Baik

Credit Image - alodokter.com

Stres berlebihan bisa memberikan efek buruk terhadap pencernaan. Apakah kamu sudah mengetahuinya? Ya, hal ini disebabkan karena kortisol, yaitu hormon yang muncul ketika stres dapat memperlambat kinerja sistem pencernaan. Akhirnya, makanan yang dikonsumsi pun tidak dapat dicerna dengan baik – dan akan mengganggu proses penyerapan nutrisi, termasuk vitamin C.

Untuk itu, kelola stres dengan baik, misalnya dengan menarik napas dalam-dalam melalui hidung, kemudian tahan selama beberapa detik. Dan, hembuskan napas melalui mulut secara perlahan. Cara ini bisa memberikan efek relaksasi bagi pikiran – sekaligus membantu sistem pencernaan kembali bekerja dengan baik.

Atau, kamu juga bisa lakukan kegiatan favorit untuk menghilangkan stres. Intinya, lakukan hal yang disukai – dan bisa membuatmu bahagia, ya!

Memang, sejumlah tips di atas penting untuk diketahui agar penyerapan vitamin bisa dilakukan dengan maksimal. Dengan demikian, manfaat vitamin C pun bisa dirasakan secara maksimal, kan?

Namun yang tidak kalah pentingnya, pastikan kamu sudah memilih sumber vitamin C terbaik, lho. Tak hanya dari sayur dan buah saja, asupan vitamin C bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Kamu dapat meminum multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Untuk multivitamin Enervon-C, kamu juga dapat memilih di antara dua jenisnya, lho. Kamu dapat mengonsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, serta dapat memberikan rasa segar sepanjang hari!

Dan, untuk yang punya lambung sensitif, sangat direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya dapat mempertahankan sistem imunitas saja, namun kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Hal ini tentu dapat membuat kamu semakin produktif. Nah, sejumlah multivitamin Enervon tersebut dapat kamu konsumsi sebanyak dua kali sehari agar manfaatnya semakin terasa!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C dan Enervon Active, kamu bisa dapatkan di official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu!

 

Wah, itulah keempat tips yang bisa membantu proses penyerapan nutrisi, sehingga manfaat vitamin C dapat dirasakan dengan maksimal. Jadi, apakah kamu sudah menerapkan sejumlah hal di atas? Kalau belum, yuk dibiasakan mulai sekarang biar vitamin C bisa terserap dengan baik – dan pastinya kesehatan tubuh makin terjaga!

 

 

Featured Image - klikdokter.com