Mendapatkan proses pemulihan, lho.

Meski demikian, selain dari makanan, asupan nutrisi juga penting diperoleh dengan mengonsumsi suplemen multivitamin yang punya kandungan lengkap. Langkah yang satu ini juga punya peran esensial dalam mempercepat pemulihan.

Berkaitan dengan sejumlah makanan yang dapat mempercepat proses pemulihan, setidaknya ada 5 jenisnya yang direkomendasikan – dan kamu disarankan mengonsumsinya, apalagi setelah sakit. Apa saja makanan yang dimaksud?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini, Enervoners!

 

 

#1 – Sayur Daun Hijau

Credit Image - scientificamerican.com

Seperti diketahui, berbagai kandungan seperti vitamin C, provitamin A, mangan, magnesium, dan folat merupakan merupakan nutrisi yang baik untuk meningkatkan fungsi imun tubuh, mempercepat penyembuhan luka, dan mengurangi peradangan.

Maka dari itu, mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut bisa membantu masa pemulihan setelah sakit, lho. Tak perlu repot, sumber makanan ini juga mudah diperoleh, misalnya dari sayuran berdaun hijau.

Sayuran tersebut juga kaya akan antioksidan polifenol yang punya khasiat anti-inflamasi serta meningkatkan kekebalan tubuh. Studi dalam jurnal Nutrients tahun 2016 menemukan bahwa beberapa jenis polifenol, termasuk antioksidan kuersetin, yang banyak terdapat dalam sayuran berdaun hijau, mungkin dapat membantu menekan produksi protein inflamasi seperti TNF-alpha.

Dan, vitamin C dalam sayuran juga penting untuk penyembuhan luka, sehingga ini baik untuk dikonsumsi bila kamu baru saja menjalani operasi, mengutip laporan dalam International Wound Journal tahun 2016.

 

#2 – Telur

Selanjutnya, ada pula telur yang merupakan sumber protein baik. Beberapa fungsi protein, yakni sebagai sumber energi, membentuk enzim dan hormon, serta mendukung sistem kekebalan tubuh. Dalam kondisi normal, dalam sehari tubuh kita membutuhkan protein sebanyak 0,8 gram per kg berat badan.

Namun, kalau kamu sedang masa pemulihan, dibutuhkan asupan protein lebih banyak. Rekomendasi dari American Society for Enhanced Recovery adalah 1,5 hingga 2 gram per kg berat badan. Misalnya, bila berat badanmu adalah 68 kg, jumlah protein yang dibutuhkan adalah 105-135 gram.

Telur merupakan sumber protein yang mudah diserap. Satu telur berukuran besar (50 gram) bisa memberikan 6 gram protein. Tak hanya itu, telur juga mengandung nutrisi penting lainnya yang dapat mendukung sistem imun dan penyembuhan luka, mengutip FoodData Central.

Telur utuh pun mengandung vitamin A, B12, zinc, zat besi, dan selenium, yang semuanya ini memainkan peran penting dalam daya tahan tubuh, merujuk pada laporan dalam jurnal Nutrients tahun 2018.

 

#3 – Ikan Salmon

Credit Image - recipes.beewild.buzz

Ikan salmon diketahui memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, seperti protein, vitamin B, selenium, zat besi, zinc, dan juga lemak omega-3. Dilansir Healthline, studi menyebutkan bahwa konsumsi 85 gram ikan salmon dapat memenuhi kebutuhan selenium harian, yaitu mineral yang meregulasi inflamasi dan respons imun.

Selain itu, sebuah studi lainnya yang dipublikasikan dalam jurnal BMC Cancer tahun 2017 menunjukkan kalau asam lemak omega-3 mungkin dapat mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan respons imun, serta mengurangi inflamasi ketika dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

 

#4 – Kacang dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan dua sumber protein nabati, lemak sehat, serta vitamin dan mineral yang sangat baik. Itu semua membantu tubuh memulihkan diri setelah sakit.

Studi dalam jurnal Nutrients tahun 2018 menyebut bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber baik zinc, vitamin E mangan, dan magnesium. Vitamin E bekerja sebagai antioksidan, melindungi tubuh dari kerusakan sel, sekaligus penting untuk sistem imun.

Beberapa penelitian menemukan kalau kadar vitamin E yang sehat dalam tubuh mungkin dapat meningkatkan fungsi protektif dari sel imun, seperti sel pembunuh alami – alias sel natural killer, yang membantu memerangi infeksi dan penyakit.

 

#5 – Buah Beri

Credit Image - foodal.com

Terakhir, ada pula buah beri yang bisa dijadikan sebagai sumber makanan untuk membantu proses pemulihan setelah sakit.  Menurut studi dalam jurnal British Journal of Community Nursing tahun 2013, buah beri mengandung vitamin C tinggi, yang mana ini mendukung penyembuhan luka dengan menstimulasi produksi kolagen, yaitu protein paling melimpah dalam tubuh.

Selain itu, buah-buahan ini juga tinggi akan antioksidan seperti antosianin, pigmen tanaman yang memberikan warna cerah pada buah beri, yang menurut berbagai penelitian mengandung efek anti-inflamasi, antivirus, dan mendukung sistem imun, lho!

Nah, apakah kamu sedang masa pemulihan? Jangan lupakan untuk mengonsumsi sejumlah sumber makanan di atas, ya. Lalu, agar pemulihan dapat semakin cepat, kamu juga direkomendasikan mengonsumsi suplemen yang punya kandungan lengkap, seperti multivitamin dari Enervon, nih.

Pastikan kamu sudah rutin minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra – terutama buatmu yang harus bekerja di luar rumah.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lelah, ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah kelima jenis makanan yang bisa membantu proses pemulihan ketika sedang sakit. Dikonsumsi secara rutin, yuk!

 

 

Featured Image - foodandwine.com

Source - idntimes.com