Insecure merupakan salah satu perasaan yang kerap dialami banyak individu. Memang, merasa kurang percaya diri termasuk sesuatu yang wajar, namun kalau berlebihan, kondisi tersebut justru dapat menghambat potensi diri, lho.

Perasaan tersebut seringkali digambarkan sebagai rasa kurang nyaman yang akhirnya membuatmu gelisah, takut, malu, hingga kehilangan percaya diri. Penyebabnya pun bermacam-macam, bisa berasal dari diri sendiri – atau faktor lingkungan sekitar.

Sudah disebutkan sebelumnya kalau insecure tidak boleh dibiarkan begitu saja, lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Berikut ini 5 tips yang dapat kamu terapkan.

Yuk, simak informasi lengkapnya sampai habis, Enervoners!

 

 

1. Tetap Berpikir Positif

Credit Image - findmotivation.org

Ketahuilah bahwa hidup dapat diibaratkan sebagai roda yang berputar untuk setiap orang. Di satu waktu, kamu bisa berada di atas – tapi akan ada waktunya berada di bawah. Masing-masing orang pun punya caranya sendiri dalam menghadapi masalah dalam kehidupannya.

Ada orang yang ketika menghadapi masalah selalu menyalahkan diri terus-menerus hingga menjadi stres. Namun, ada pula yang terlihat santai karena bisa memikirkan sisi positif dari masalah yang terjadi. Hal ini tergantung pada pola pikir masing-masing orang dan bagaimana mereka memandang suatu masalah.

Untuk itu, kalau sedang mengalami masalah dalam hidup, coba hilangkan rasa insecure tersebut, ya. Usahakan tetap berpikir positif mengenai hal apapun – dan selamatkan diri dari energi negatif, seperti khawatir berlebihan, perasaan bersalah, rasa takut yang dapat menguras tenagamu.

Sebagai contoh, jika temanmu membatalkan acara secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas, hindari rasa kecewa yang bisa membuat pikiranmu dipenuhi oleh prasangka buruk mengenai temanmu atau bahkan dirimu sendiri. Lihatlah sisi baiknya, misalnya kamu jadi memiliki waktu luang untuk me-time.

 

2. Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

Menghilangkan perasaan insecure juga dapat dilakukan dengan mencoba berhenti menyalahkan diri sendiri. Memang, melawan pikiran negatif tidaklah mudah, namun coba paksakan hal tersebut, ya. Kalau tidak, kamu justu akan terus dihantui dengan rasa cemas, dan akhirnya terus menyalahkan diri sendiri.

Ingatlah bahwa kamu bukan satu-satunya orang yang pernah melakukan kesalahan. Semua orang pasti pernah berbuat salah. Jadi, jika kamu masih berpikir seperti, “Aku selalu membuat kekecauan di mana pun,” ubah pikiran tersebut menjadi lebih realistis seperti, “Terdakang aku membuat kesalahan, tetapi aku selalu belajar dari kesalahan itu.”

 

3. Hindari Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Credit Image - kumparan.com

Membandingkan diri dengan orang lain bukan cara yang tepat untuk mengoreksi diri. Justru hal ini akan membuatmu menjadi rendah diri dan insecure. Nah, di tengah maraknya penggunaan media sosial seperti saat ini, kita bisa melihat banyak sekali hal yang terjadi pada hidup orang lain.

Entah bagaimana, sering kali apa yang kita lihat di media sosial nampak sangat indah. Rasanya sulit bukan untuk tidak membandingkannya dengan apa yang kamu punya? Oleh karena itu, cobalah kurangi penggunaan media sosial agar kamu tidak fokus dengan kehidupan orang lain dan tidak membanding-bandingkan diri.

Selain itu, biasakan untuk selalu bersyukur dengan segala yang kamu miliki agar perilaku dan pikiranmu menjadi lebih positif. Percayalah bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

 

4. Jauhi Orang-Orang yang Membuatmu Insecure

Teman atau pasangan toxic kerap melontarkan komentar negatif yang tidak membangun. Meskipun alasannya “untuk kebaikanmu sendiri”, alih-alih membuat semangat, komentar tersebut bisa membuatmu menjadi insecure, lho.

Apakah kamu tengah mengalami kondisi tersebut? Untuk itu, cobalah mulai menghindari orang-orang dengan perilaku tersebut. Sebaiknya, temukan lingkungan pertemanan yang bisa mendukungmu – dan memberikan respons positif serta membangun.

 

5. Lakukan Hal yang Membuatmu Bahagia

Credit Image - hellosehat.com

Menghilangkan rasa insecure juga dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal yang membuatmu bahagia, lho. Dalam hal ini, kamu bisa memanjakan diri dengan perawatan spa, masker wajah, dan menghirup uap aromaterapi.

Selain itu, cobalah melakukan olahraga yang bisa membuatmu menjadi rileks, seperti yoga. Selain itu, melakukan kegiatan positif yang membangun, seperti mempelajari skill baru dan membantu orang lain yang kesusahan, juga dapat membantumu merasa bahwa dirimu dan semua yang kamu miliki sekarang sudahlah cukup apa adanya.

Dan yang tidak kalah pentingnya, pastikan tetap menjaga kesehatan tubuh dengan mendapatkan asupan makanan bergizi seimbang yang dapat memperbaiki kondisi suasana hati – dan tentunya membuat fisik semakin bugar.

Untuk memaksimalkannya, direkomendasikan pula mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active. Multivitamin andalanmu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu – sehingga tak gampang terserang penyakit.

Kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Apakah kamu tengah mengalami insecure? Jika iya, cobalah terapkan 5 cara di atas untuk mengatasi perasaan negatif tersebut. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – langgam.id