Beberapa waktu terakhir, ancaman virus corona varian terbaru, yaitu Omicron memang cukup mengkhawatirkan. Munculnya varian yang juga disebut sebagai B.1.1.529 tersebut pun membuat banyak negara yang kembali menutup perjalanan internasional.

Bukan tanpa alasan, vaksin, dan juga terapi.

Di Asia sendiri, sudah ada 4 negara yang melaporkan adnaya temuan varian Omicron. Di mana saja? Berikut informasinya.

 

 

#1 – Singapura

Credit Image - health.detik.com

Belum lama ini, pemerintah Singapura sudah mengonfirmasi dua kasus impor Covid-19 varian Omicron – atau B.1.1.529. Kedua kasus masuk ke Singapura dari Johannesburg Afrika Selatan dengan penerbangan SQ479.

Kasus tersebut merupakan warga 44 tahun yang tiba di Singapura dari Mozambique, transit melalui Johannesburg. Tes di Mozambique pada 29 November hasilnya negatif. Kemudian, kasus lainnya merupakan wanita Singapura yang tiba dari Afrika Selatan – ketika di tes di Johannesburg, hasil tes masih negatif.

Saat ini, keduanya tengah melakukan isolasi mandiri di National Centre for Infectious Diseases (NCID), dengan gejala ringan yakni batuk dan gatal-gatal di tenggorokan. Dilaporkan, keduanya sudah divaksinasi penuh.

 

#2 – India

Credit Image - dnaindia.com

Selanjutnya, ada pula India yang telah kebobolan varian terbaru Covid-19 tersebut. Pada awal Desember silam, Kementerian Kesehatan India mengungkapkan telah mendeteksi kasus pertama varian Omicron di negara ini.

Melansir dari Channel News Asia, kasus varian Omicron di India terdeteksi pada dua pasien di negara bagian Karnataka selatan. Untuk menghindari semakin luasnya penularan varian ini, maka pemerintah pun melakukan pelacakan kontak primer – dan juga sekunder dari kedua kasus tersebut. Dan, kedua pasien menunjukkan gejala ringan saja.

 

#3 – Hong Kong

Credit Image - thejakartapost.com

Hong Kong sebelumnya juga mengkonfirmasi adanya dua kasus Corona varian Omicron. Kasus pertama berkaitan dengan orang yang baru tiba dari Afrika Selatan. Kasus tersebut terjadi pada seorang pria berusia 36 tahun yang memiliki hasil tes PCR negatif sebelum terbang dari Hong Kong ke Afrika Selatan.

Kemudian, laki-laki tersebut tinggal di Afrika Selatan dari tanggal 22 Oktober sampai 11 November. Setelah kembali ke Hong Kong, hasil tes masih menunjukkan negatif. Namun, di tanggal 13 November – yakni, dua hari setelah kepulangan hasil tes positif ketika menjalani karantina.

 

#4 – Jepang

Credit Image - mediaindonesia.com

Pada awal Desember, pemerintah Jepang juga sudah mengumumkan telah menemukan satu kasus infeksi virus Covid-19 varian Omicron di negaranya. Infeksi tersebut pun juga terjadi secara impor. Dikutip dari laman Japan Times, kasus pertama Omicron di Negeri Sakura tersebut didapatkan dari seorang diplomat Namibia berusia 30-an yang tiba di Bandara Narita, Tokyo.

Seorang diplomat Namibia berusia 30 tahun-an telah terinfeksi dengan varian yang sangat bermutasi. Usai dites di Bandara Narita, hasil menunjukkan positif. Jepang sendiri telah menutup kembali perbatasannya mulai 30 November 2021. Langkah ini diambil untuk mencegah mewabahnya varian Omicron.

Meski di Indonesia sendiri belum ditemukan kasus varian Omicron, namun ada baiknya masyarakat terus menjalani langkah pencegahan secara ketat. Selain menerapkan protokol kesehatan, disarankan untuk terus menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat.

Hal tersebut meliputi mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat. Dan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Konsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, bagi yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, bisa kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah keempat negara di Asia yang sudah mendeteksi kasus varian Omicron. Diharapkan, jenis varian tersebut tidak masuk ke Indonesia, sehingga pandemi dapat segera teratasi!

 



Featured Image – bloomberg.com

Source – detik.com