Banyak yang mengatakan bahwa profesionalisme merupakan hal yang harus dimiliki setiap orang di dunia kerja. Nyatanya, ungkapan tersebut memang benar adanya, lho. Untuk meraih kesuksesan, ciri-ciri profesional wajib dimiliki, bahkan terus ditingkatkan seiring berjalannya waktu.

Profesional di dunia kerja dapat berarti berbagai hal, seperti meraih kesuksesan pun bukan hal yang mustahil!

Lantas, bagaimana sih caranya meningkatkan sikap profesionalitas di dunia kerja? Kali ini Enervon bakal kasih 5 tips yang dapat kamu terapkan. Yuk, simak pembahasannya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Tepat Waktu

Credit Image - rappler.com

Tepat waktu memang salah satu ciri-ciri profesional yang penting kamu miliki, lho. Dalam pekerjaan, sering kali seseorang dihadapkan dengan deadline yang padat. Deadline tersebut bisa saja ditentukan oleh atasan, tim, atau bahkan diri sendiri.

Jika kamu bekerja dalam tim, pekerjaanmu sangat mungkin berhubungan dengan anggota lainnya. Maka, jika kamu telat deadline, hal tersebut akan berpengaruh pada kinerja anggota lainnya juga.

Nah, tidak hanya saat dalam tim saja, tetapi hal ini juga berlaku bagimu yang melakukan pekerjaan lepas. Jika kamu bekerja freelance atau mengerjakan pekerjaan yang bersifat pribadi, maka tetap perlu tepat waktu.

Bayangkan jika kamu seorang freelancetetapi kamu tidak tepat waktu memberikan hasil project ke klien. Bisa jadi kepercayaan klien kepada kamu akan berkurang atau bahkan hilang. Hal tersebut dapat menutup kemungkinan adanya repeat order dari klien.

 

#2 – Bersikap Jujur

Kejujuran juga menjadi salah satu kunci profesionalisme yang kuat. Sayangnya, ciri-ciri profesional ini masih jarang dimiliki. Tak percaya? Dikutip dari Inc, sepanjang 2017, terdapat 85 persen calon karyawan yang berbohong dalam resumenya.

Persentase tersebut naik 19 persen dari jumlah calon karyawan yang berbohong pada 2012. Jika seorang calon karyawan sudah mulai tidak jujur pada saat wawancara kerja, besar kemungkinan ia akan melakukan hal yang sama saat bekerja.

Kejujuran penting untuk membangun kepercayaan orang lain. Satu kali saja kamu ketahuan tidak jujur, maka sulit untuk membangun kembali kepercayaan orang tersebut, lho!

 

#3 – Bertanggung Jawab

Credit Image - sudutenergi.com

Ciri-ciri profesional lainnya adalah bertanggung jawab. Dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari, seseorang harus bertanggung jawab atas pikiran, perkataan, dan perbuatannya. Pastinya kamu setuju akan hal yang satu ini, kan?

Sebelum mengatakan atau melakukan sesuatu, seseorang harus memikirkan alasan dan dampaknya terlebih dahulu. Jadi, dengan berpikir sebelum berkata dan bertindak, seseorang bisa bertanggung jawab atas apa yang ia lakukan.

 

#4 – Menghargai Orang Lain

Tidak ada satu pekerjaan pun yang tidak berhubungan dengan orang lain. Kamu bisa saja berhubungan dengan anggota tim, atasan, bawahan, agency, hingga klien. Dalam hubungan tersebut, kamu perlu membangun rasa menghargai orang lain.

Misalnya, kamu bisa menghargai pendapat orang lain. Kamu bisa memberi kesempatan bagi orang lain untuk menyampaikan pendapatnya. Atau, contoh lainnya, jika rekanmu melakukan pekerjaannya dengan baik, kamu juga bisa memberikan apresiasi padanya.

Dikutip dari Forbesengagement seorang karyawan terhadap pekerjaan dan perusahaan akan meningkat 26 persen jika mendapat apresiasi dari rekan kerjanya. Tidak ada salahnya untuk mengucapkan, “selamat,” jika rekanmu berhasil mencapai target pekerjaannya. Ikut berbahagia atas pencapaian rekan kerja tentu tidak akan merugikanmu, kan?

 

#5 – Fokus

Credit Image - sehatq.com

Fokus juga termasuk salah satu ciri-ciri profesional yang tak kalah pentingnya untuk dimiliki, bahkan mesti terus ditingkatkan, lho. Setiap karyawan tentu sudah memiliki job description masing-masing. Jadi, penting bagi seorang karyawan untuk terlebih dahulu fokus pada apa yang harus dikerjakannya.

Jangan sampai fokusmu teralihkan dengan hal-hal lain yang tidak seharusnya diperhatikan pada jam kerja, terutama yang berkaitan dengan kehidupan pribadi. Misalnya, kalau sedang ada masalah dengan pasanganmu. Kemudian, kamu terus sedih sepanjang jam kerja sehingga kamu tidak mampu menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik hari itu.

Seorang karyawan yang profesional harus mampu menentukan kapan ia harus fokus dengan pekerjaan, kapan ia bisa fokus dengan hal lainnya.

Ingin tingkat fokus terus bertambah? Kamu juga disarankan mengonsumsi makanan sehat, sekaligus rutin mengonsumsi multivitamin yang kaya akan kandungan vitamin B kompleks. Untuk itu, direkomendasikan minum multivitamin Enervon Active, ya.

Konsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah – sekaligus optimalkan kekebalan tubuhmu.

Dengan rutin mengonsumsi Enervon Active, maka tubuh dapat memperoleh sumber energi yang tahan lama nih. Sebab, kandungan Vitamin B Kompleks dapat meningkatkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi energi untuk beraktivitas.

 

Jadi, bagaimana? Meningkatkan sikap profesionalitas ternyata tak sesulit yang dibayangkan, ya? Hanya dengan memiliki berbagai hal di atas, dijamin sejumlah ciri-ciri profesional pun dapat kamu miliki. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – inspirasiana.com