Ketika terpapar Covid-19, termasuk menyelesaikan isolasi, pastikan kondisi tubuh sudah harus pulih!

Virus corona merupakan penyakit yang bersifat self limiting disease – atau virus di dalam tubuh sudah hilang tapi peradangannya belum selesai. Untuk segera pulih dari Covid-19, ada sejumlah langkah yang dapat diterapkan.

Apa saja? Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Berpikir Positif

Credit Image - eventbrite.co.uk

Pasien Covid-19 sangat disarankan untuk selalu berpikir positif meski sedang dalam masa isolasi mandiri. Berpikir positif akan membantu pemulihan Covid-19 lebih cepat. Tubuh didesain untuk merespons stres baik fisik maupun emosional. Respons ini kerap disebut 'fight or flight'. Namun jika respons ini terjadi dalam jangka panjang, dampaknya jelas tidak baik.

Seseorang yang memikirkan sesuatu secara konsisten dari waktu ke waktu sangat mungkin mengalami stres. Ketika merasakan stres, maka tubuh akan melepas hormon kortisol. Riset menemukan tingkat kortisol mempengaruhi keparahan Covid-19. Oleh karenanya, pasien perlu memanajemen stres agar tidak jadi penghalang pemulihan kondisi.

 

Konsumsi Nutrisi Tepat

Penting sekali memastikan kecukupan asupan nutrisi. Ini bukan soal kamu harus memperbanyak jenis nutrisi yang mana, tetapi nutrisi ini harus seimbang. Ketika proses pemulihan, kamu mesti memenuhi kebutuhan nutrisi, baik markonutrien – karbohidrat, protein, dan lemak, serta mikronutrien yang terdiri dari vitamin dan mineral.

Selain itu, pastikan pula konsumsi pangan bernutrisi dilakukan dengan cara yang tepat. Artinya, cara pengolahan pun turut jadi pertimbangan. Konsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur, kemudian hindari makanan berlemak tinggi layaknya gorengan.

 

Istirahat yang Cukup

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Isolasi mandiri menuntut pasien untuk cukup istirahat. Istirahat yang cukup berarti kamu memberikan kesempatan tubuh untuk pemulihan dan segera sembuh dari Covid-19. Isolasi mandiri sendiri disarankan dijalani selama 10 hari plus 3 hari bebas gejala.

Menurut laporan The Conversation, istirahat yang rendah secara kualitas dan kuantitas akan mempengaruhi imunitas. Selama tidur, sistem imun melepas protein yang disebut sitokin. Sitokin tertentu akan melawan infeksi dan inflamasi dan membantu merespons stres. Di samping pemulihan, istirahat penting untuk menjaga suasana hati, rasa lapar, dan regulasi fungsi kognitif dan fisik.

 

Cukupi Kebutuhan Cairan

Yang tak boleh dilewatkan, mencukupi kebutuhan cairan, terutama dengan minum air putih juga penting dilakukan selama isolasi mandiri. Kebutuhan cairan setiap orangnya memang berbeda tergantung kondisi fisik maupun aktivitas harian. Namun rata-rata orang dewasa memerlukan cairan sebanyak 1,5-2 liter air per hari.

Sebenarnya pemenuhan kebutuhan cairan tidak harus dari air putih saja, kamu bisa memperoleh cairan dari buah dan sayur yang kaya air, kemudian olahan berbasis kuah seperti sup, soto juga infused water – atau air dengan 'suntikan' buah dan sayur.

 

Kuatkan Kekebalan Tubuh

Credit Image - orami.co.id

Selama menjalani isolasi mandiri tetap tingkatkan imunitas yang berperan penting dalam melawan virus. Berbagai langkah di atas memang juga dapat meningkatkan kekebalan, tapi kamu juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen tambahan yang bisa membantu menguatkan imunitas.

Untuk itu, disarankan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active yang dapat membantu mengoptimalkan perlawanan tubuh terhadap virus.

Konsumsi multivitamin Enervon-C tablet – yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk jaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Atau, kamu dapat konsumsi multivitamin Enervon-C Effervescent – yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Bagi yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

 

Jadi, itulah deretan tips yang bisa dilakukan agar lekas pulih ketika sedang terinfeksi Covid-19. Untuk menghindari risiko paparan virus tersebut, pastikan kamu terus menjalani protokol kesehatan serta jaga kekebalan tubuh agar tak gampang sakit!

 


Featured Image – voi.id

Source – cnnindonesia.com