Memiliki kondisi tubuh yang sehat memang dambaan setiap orang. Ya, karena kesehatan itu mahal harganya, lho. Dengan tubuh yang bugar, maka berbagai kegiatan pun dapat dilakukan dengan maksimal, tanpa harus khawatir dengan diri sendiri, baik fisik maupun mental.

Sayangnya, di era sekarang ini gaya hidup sehat termasuk hal yang paling sulit diterapkan, lho. Mengingat, banyak orang cenderung menyukai sesuatu yang instan, misalnya makanan cepat saji. Selain itu, kebiasaan duduk terlalu lama juga semakin sering diterapkan sebagai rutinitas.

Selain itu, masih ada beragam kebiasaan buruk lainnya yang dapat menurunkan kualitas hidup. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Kurang Jalan Kaki

Credit Image - wolipop.detik.com

Masih banyak orang, termasuk orang Indonesia yang enggan berjalan kaki. Meski jarak pendekpun, mereka lebih memilih memakai alat-alat transportasi yang tersedia. Jika di dalam gedung, lebih memilih naik lift atau eskalator dibanding tangga biasa.

Di tempat parkir kendaraan, lebih memilih tempat parkir yang sedekat mungkin dengan lokasi yang dituju. Kebiasaan ini tanpa disadari berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Tubuh jadi malas bergerak. Jadi usahakan untuk selalu berjalan kaki dimanapun kamu berada.

Selain melatih otot tubuh, juga melatih otot jantung supaya tetap sehat, lho.

 

Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Hal yang satu ini juga termasuk kebiasaan tidak sehat yang kamu jumpai. Makanan serba manis memang membuat selera makan meningkat, seperti ketika makan kue-kue, cake, ice cream, dan roti manis, rasanya ingin menghabiskan. Begitu juga dengan minuman, ketika makan di warung makan ataupun restoran, minuman yang dipesan teh manis, kopi manis, atau soft drink.

Penumpukan gula yang berlebihan dapat memicu penyakit diabetes. Dan saat ini banyak penderita diabetes usia remaja bahkan anak-anak. Jadi mulailah kurangi konsumsi gula ya, supaya terhindar dari penyakit diabetes, ya!

 

Makanan Tinggi Kalori

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Kalau diperhatikan, kebiasaan yang satu ini sepertinya sudah menjadi budaya makan banyak negara, lho. Menu-menu makanan tinggi kalori, seperti makan nasi dengan sesama karbohidrat – misalnya mie goreng, bihun goreng, kentang goreng, serta fried chicken pasti sudah menjadi asupan sehari-hari.

Lengkap sudah menu tinggi kalori. Menu- menu semacam ini bisa mempengaruhi kesehatan kamu dan bisa menimbulkan macam-macam penyakit yang diakibatkan karena penumpukan kolesterol. Mulailah secara bertahap mengurangi makanan tinggi kalori supaya badan tetap sehat.

 

Kurang Minum Air Putih

Kebiasaan tidak sehat ini juga sering sekali kita lakukan. Karena terlalu sibuk bekerja atau belajar, amu menjadi lupa minum air putih. Padahal kalau kurang minum air putih akan dehidrasi yang berpengaruh pada kesehatan tubuh, kesehatan kulit, dan aliran darah menjadi tidak lancar.

Nah, kebutuhan akan air minum setiap orang berbeda-beda berdasarkan usia, gender, berat badan, keadaan lingkungan, dan aktivitas.

Lansia lebih sedikit kebutuhan air minumnya dibanding usia produktif, laki-laki lebih banyak membutuhkan air minum dibanding perempuan, saat cuaca panas kita membutuhkan lebih banyak asupan air minum, dan ketika berolahraga tubuh lebih banyak membutuhkan air minum.

 

Tak Memenuhi Kebutuhan Vitamin

Credit Image - hellosehat.com

Sayangnya, kebutuhan vitamin pun juga masih sering tak terpenuhi, salah satunya akibat pola makan yang buruk. Padahal, gaya hidup sehat tidak akan luput dari memenuhi kebutuhan vitamin harian, terutama di masa pandemi. Dengan kebutuhan vitamin yang tercukupi, kekebalan tubuh pun dapat semakin terjaga. Apalagi, terkait dengan asupan vitamin C dan vitamin B kompleks.

Kombinasi keduanya penting untuk menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan, lho. Namun sayangnya, vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin C dan vitamin B kompleks sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon Active yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, konsumsi Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain menjaga kekebalan, multivitamin dari Enervon ini dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

 

Itulah deretan kebiasaan buruk yang nyatanya dapat menurunkan kualitas hidup. Mulai sekarang, hindari sejumlah kebiasaan tersebut, ya!

 


Featured Image – sewaktu.com