Selama pandemi Covid-19, menerapkan protokol kesehatan sangat penting dilakukan untuk melindungi diri dan orang di sekitar dari paparan virus tersebut. Ingat, virus tidak bergerak dengan sendirinya, melainkan ditularkan dari satu orang ke orang lainnya.

Dalam hal ini, menyebar melalui udara, lho.

Secara sederhana, menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang yang tidak tinggal dalam satu rumah sangat direkomendasikan. Selain itu, ada 5 cara tepat lainnya dalam penerapan physical distancing, berikut ini informasi lengkapnya.

 

 

#1 – Pilih Transportasi yang Aman

Credit Image - cnnindonesia.com

Bila kamu ingin bepergian keluar rumah untuk bekerja – atau pun membeli kebutuhan rumah tangga, pastikan kamu sudah memilih jenis transportasi yang aman yang memungkinkan untuk menerapkan physical distancing.

Bila kamu memilih menggunakan transportasi umum, seperti bus atau kereta, usahakan untuk menjaga jarak satu meter dengan orang lain saat menunggu di halte dan saat di dalam bus atau kereta. Bila kamu menggunakan taksi, duduklah di kursi belakang, sehingga kamu bisa tetap menjaga jarak aman dengan pengemudi.

 

#2 – Batasi Kontak

Bila ingin pergi keluar rumah untuk membeli kebutuhan rumah tangga, sebaiknya buat daftar barang belanjaan terlebih dahulu. Jadi, ketika sampai di pasar atau supermarket, kamu bisa langsung segera menuju ke rak tempat di mana barang-barang yang kamu butuhkan berada dan menghindari berlama-lama di sana.

Selain itu, jaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain saat berbelanja dan saat mengantre. Bila memungkinkan, beli barang-barang keperluan kamu secara online. Lakukan physical distancing dan kenakan masker ketika menerima barang dari penyedia layanan pengiriman.

 

#3 – Aktivitas Sosial yang Aman

Credit Image - nasional.kompas.com

Sebaiknya tunda atau batalkan acara keluarga atau pertemuan dengan teman selama masa pandemi. Kamu masih bisa terhubung secara sosial dengan teman dan keluarga yang tidak tinggal serumah dengan cara menelpon, mengobrol lewat video atau tetap terhubung melalui media sosial.

Bila ingin bertemu dengan orang lain secara langsung, sebaiknya hanya hadiri acara kecil yang diadakan di luar ruangan dan tetap lakukan physical distancing dengan orang lain. Cara ini terbilang lebih aman, sehingga risiko penularan masih dapat diminimalisir.

 

#4 – Jaga Jarak Ketika Menghadiri Acara

Selama masa pandemi, kamu dianjurkan untuk menghindari tempat yang ramai atau pertemuan yang melibatkan orang banyak, seperti konser musik, mall, maupun tempat lainnya.

Namun, bila kamu harus bepergian ke tempat yang ramai, usahakan untuk menjaga jarak fisik 6 kaki antara kamu dengan orang lain setiap saat, dan kenakan masker. Penggunaan masker sangat penting untuk melindungi kamu dari penularan virus corona saat physical distancing sulit dilakukan

Selain acara, ketika kamu juga akan berolahraga di luar rumah, usahakan untuk memilih lokasi yang tidak terlalu ramai. Misalnya, jika ingin berlari, maka pastikan rute yang kamu lewati masih terbilang sepi, sehingga bisa menjaga jarak aman dengan orang lain.

 

#5 – Lakukan Prokes Lainnya

Credit Image - healthline.com

Selain menjaga jarak, ada sejumlah protokol kesehatan 5M lainnya yang perlu diterapkan. Seperti, rutin mencuci tangan – cara ini penting dilakukan lho, mengingat mencuci tangan hingga bersih merupakan langkah pencegahan yang cukup efektif untuk mencegah penularan Covid-19.

Agar hasilnya maksimal, disarankan untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik, terutama ketika sebelum memasak – atau makan, setelah menggunakan kamar mandi, dan usai menutup hidung saat batuk maupun bersin.

Kemudian, pastikan kamu selalu menggunakan masker, terutama ketika bepergian ke luar rumah. Serta menjauhi kerumunan. masyarakat diminta untuk menjauhi kerumunan saat berada di luar rumah. Ingatlah bahwa semakin banyak dan sering kamu bertemu orang, maka kemungkinan terinfeksi virus corona pun semakin tinggi, lho.

Lalu, untuk mengoptimalkan perlindungan tubuh, kamu juga disarankan menjaga kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

 Mulai sekarang, cobalah untuk menjalani berbagai kebiasaan sehat untuk menunjang kesehatan, seperti menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang, rutin berolahraga, peroleh waktu istirahat yang cukup, dan kelola stres dengan baik ya!

Untuk mengoptimalkan perlindungan diri, kamu juga sangat dianjurkan mengonsumsi multivitamin yang memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon-C, lho. Apakah kamu sudah mengenal kandungan keduanya?

Enervon-C merupakan multivitamin dengan kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, Enervon-C bisa kamu konsumsi dalam bentuk  Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra bagi tubuh, terutama bagi yang masih harus melakukan aktivitas di luar rumah.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

 

Itulah kelima tips untuk menerapkan physical distancing secara tepat. Meski kini beragam aktivitas sudah kembali diperbolehkan, pastikan kamu selalu menerapkan protokol kesehatan untuk mengurangi risiko paparan virus!

 

 

Featured Image – ucf.edu

Source – halodoc.com