Gemar ngemil sembari kerja? Eitss, jangan salah kaprah dulu, ya. Mengonsumsi makanan ringan dapat memberikan energi tambahan – apalagi kalau kamu punya rutinitas yang padat dan membutuhkan banyak tenaga. Jadi, ngemil tidak selalu buruk, lho.

Mengonsumsi camilan kerap menjadi penyelamat di kala suntuk melanda. Bukan hanya soal suasana hati saja, tapi kebiasaan ngemil merupakan bagian penting dari pola makan sehat, asalkan dilakukan dengan tepat, ya.

Adapun beberapa manfaat ngemil yang dapat diperoleh, seperti:

Agar manfaat tersebut dapat dirasakan secara maksimal – dan kamu bisa mendapat energi tambahan, berikut ini cara tepat mengonsumsi camilan ketika bekerja. Yuk, simak informasinya sampai habis!

 

 

1. Membawa Bekal Sendiri

Credit Image - food.detik.com

Dilansir dari HelloSehat, menurut The Dietary Guidelines for Americans 2020-2025, rekomendasi untuk camilan sehat bernutrisi, meliputi sayuran mentah, buah segar, kacang-kacangan, dan yogurt tawar. Nah, sejumlah makanan tersebut bisa kamu bawa sendiri dari rumah – yang membuatmu menjadi lebih hemat dan sehat.

Salah satu tips ngemil saat kerja yang paling mudah adalah dengan membawa bekal sendiri dari rumah. Agar mudah, persiapkan bekal cemilan pada waktu malam hari atau pagi hari sebelum berangkat bekerja, ya!

 

2. Pilih Camilan Tinggi Protein

Tak ingin sesi ngemil berujung menjadi lemak yang bertumpuk di dalam tubuh? Kalau begitu, kamu disarankan memilih kudapan kaya akan protein yang dapat membuatmu lebih mudah kenyang, seperti kacang atau biji-bijian.

Beberapa rekomendasi cemilan tinggi protein antara lain, kacang mete, kacang almond, biji labu, chia seed, atau selai kacang.

 

3. Konsumsi Camilan Bersama Air Putih atau Teh

Credit Image - allure.com

Tips ngemil sehat ketika bekerja selanjutnya, yaitu pastikan kamu mendampingi kudapan ringan dengan meminum air maupun teh, ya.

Asupan cairan seperti air putih atau teh tanpa kafein dapat membantu tubuh merasa kenyang. Selain itu, hidrasi yang tercukupi bisa meningkatkan metabolisme sel, sehingga memungkinkan otot bekerja lebih maksimal.

 

4. Kombinasikan dengan Tepat

Kalau kamu ingin ngemil sehat dan kenyang lebih lama, maka cobalah mengombinasikan camilan dengan tepat. Misalnya, kamu dapat menggabungkan protein, lemak, dan karbohidrat sehat dalam satu penyajian.

Sebagai contoh, makan sedikit kacang-kacangan – yang mengandung protein serta lemak, dan biskuit gandum utuh dengan kandungan karbohidrat, sekaligus dengan keju rendah lemak yang mengandung protein dan lemak.

 

5. Berikan Waktu Khusus

Credit Image - fimela.com

Kamu sering ngemil sambil melakukan aktivitas? Jika ya, hentikan dari sekarang. Faktanya, ngemil sambil melakukan aktivitas lain bisa membuat makan camilan dalam porsi yang lebih besar dalam waktu singkat.

Karena itu, akan lebih baik bila kalau kamu memberikan waktu dan durasi khusus untuk ngemil. Tindakan ini bertujuan untuk membatasi porsi serta membiarkan tubuh mencerna dengan perlahan, yang pada akhirnya tidak akan membuatmu gemuk, lho.

Usahakan untuk mengatur waktu ngemil setiap hari di jam yang sama, misalnya jam 3 atau 4 sore. Dengan memilih waktu di sore hari, kamu dapat menghindari gangguan pada jam makan malam. Selain itu, aturan ngemil di sore hari juga dapat membantu menghindari kesulitan tidur pada malam hari akibat kebiasaan ngemil setelah makan malam.

 

6. Konsumsi Buah Segar dengan Kulitnya

Ternyata konsumsi buah segar dengan kulitnya bisa membuat perut kenyang lebih lama, lho. Buah-buahan seperti apel, anggur, plum, atau persik, bisa dikonsumsi langsung dengan kulitnya yang mengandung serat sehingga baik dijadikan pilihan cemilan untuk menunda rasa lapar.

Ada juga beberapa tips yang perlu diperhatikan saat menyiapkan cemilan:

  • Perhatikan takaran saji yang disarankan pada label
  • Ukuran camilan tidak melebihi batas kalori harian
  • Pilih makanan yang tinggi serat dan rendah lemak
  • Batasi makanan dan minuman yang mengandung tambahan gula

Nah, mengonsumsi buah-buahan segar yang disertai kulit juga dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin sekaligus mineral harian, lho. Namun, untuk memenuhi asupan kedua nutrisi tersebut, kamu juga perlu meminum multivitamin – yang akan memaksimalkan kesehatan tubuh.

Kamu direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral lengkap.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Nah, untuk kamu yang suka ngemil sembari bekerja, coba deh ikuti trik di atas agar kebiasaan makan tersebut bisa menjadi lebih sehat – dan tentunya tidak menyebabkan berat badan naik.

 

 

Featured Image – sehatalami.co

Source – hellosehat.com