Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh dengan sehat. Salah satu cara untuk mewujudkannya yaitu dengan memenuhi kebutuhan vitamin C anak. Kenapa demikian? Vitamin C adalah zat penting yang berperan dalam meningkatkan sistem imunitas, mendorong pembentukan kolagen, hingga meningkatkan penyerapan zat besi pada tubuh. Lalu, berapa dosis vitamin C yang diperlukan anak setiap hari? Dan bagaimana cara memenuhinya? Tenang, semua jawabannya bisa kamu temukan dalam artikel berikut ini!

Manfaat Vitamin C bagi Anak

Sebelumnya telah disebutkan bahwa secara umum, vitamin C bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh, membantu pembentukan kolagen, serta mempercepat penyerapan zat besi. Namun, tak hanya itu saja, vitamin C atau yang juga disebut dengan asam askorbat punya sederet manfaat lainnya,terutama untuk anak-anak. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Usia anak-anak memang rentan terhadap berbagai jenis penyakit. Pasalnya, sistem imunitas pada anak belum bekerja optimal layaknya orang dewasa. Padahal, daya tahan tubuh sangat penting, guna melindungi mereka dari ancaman virus, kuman, bakteri, dan partikel lain penyebab penyakit.

Oleh sebab itu, orang tua perlu memperhatikan kebutuhan vitamin C anak untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada si kecil supaya tidak mudah sakit.

 

2. Meringankan Gejala Flu pada Anak

Vitamin C secara efektif juga mampu meringankan gejala flu pada anak, sehingga kondisi yang dirasakan tidak terlalu parah. Selain mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan vitamin C, kamu juga bisa memberikan suplemen vitamin C tambahan agar tubuh si kecil lebih kuat melawan serangan virus. 

 

3. Menjaga Kesehatan Tulang, Gigi, dan Gusi

Ternyata, asupan vitamin C juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, dan gusi lho! Oleh sebab itu, orang tua wajib memenuhi kebutuhan vitamin C si kecil supaya pertumbuhan tulang dan gigi semakin optimal.

 

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Seperti yang telah disebut sebelumnya bahwa vitamin C mendorong pembentukan kolagen di dalam tubuh. Kolagen sendiri merupakan jenis protein yang membentuk kulit, otot, tulang rawan, dan juga pembuluh darah. Selain itu, kolagen juga bantu memelihara jaringan ikat sehingga mempercepat penyembuhan luka di tubuh.

 

5. Mencegah Kanker

Kabar baiknya, vitamin C juga dianggap sebagai penangkal penyakit kanker lho! Pasalnya, asam askorbat mengandung antioksidan yang efektif melawan radikal bebas. Selain itu, vitamin yang satu ini juga ampuh dalam menetralkan zat pengawet pada makanan yang dikonsumsi.

 

6. Melindungi Si Kecil dari Polusi

Polusi udara memiliki dampak buruk bagi kesehatan anak, terutama organ paru-parunya. Oleh sebab itu, anak-anak disarankan untuk mengonsumsi vitamin C supaya terlindung dari bahaya polusi.

Bahkan, penelitian yang ditulis di dalam jurnal Respiratory Research menyebutkan bahwa kombinasi vitamin C dan E dapat meringankan gejala asma dan PPOK/Penyakit Paru Obstruktif Kronis pada anak.

 

 

Berapa Dosis Kebutuhan Vitamin C pada Anak?

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C pada anak, orang tua bisa membiasakan si kecil untuk rutin mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan asam askorbat. Kamu juga bisa memberikan multivitamin tambahan untuk memastikan kebutuhan vitamin C pada anak benar-benar tercukupi. Lalu sebenarnya, berapa dosis vitamin C yang dibutuhkan anak-anak per harinya? Simak informasi selengkapnya dalam ulasan di bawah ini.

  • Usia 1-3 tahun membutuhkan 15 mg/hari
  • Usia 4-8 tahun membutuhkan 25 mg/hari
  • Usia 9-13 tahun membutuhkan 45 mg/hari
  • Usia 14-18 tahun membutuhkan 65-75 mg/hari

 

 

Ciri-Ciri Anak yang Kurang Vitamin C

Selain mengetahui berbagai manfaat vitamin C, kamu juga harus memahami ciri-ciri anak yang kekurangan asam askorbat. Kenali tanda-tandanya berikut ini.

1. Proses Penyembuhan Luka Lebih Lama

Anak yang mengalami defisiensi vitamin C, umumnya membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh saat mengalami luka. Hal ini karena produksi kolagen di dalam kulit tidak berjalan optimal akibat tubuh kekurangan vitamin C. Jadi, pastikan kamu memenuhi kebutuhan vitamin C harian anak untuk mencegah hal tersebut.

 

2. Kulit Sering Memar-Memar

Waspada bila si kecil sering mengalami memar-memar di kulit. Bisa jadi, hal ini jadi pertanda bahwa anak kekurangan vitamin C. Pasalnya, pembuluh kapiler akan melemah dan rentan pecah saat tubuh kekurangan vitamin C. apabila dibiarkan, hal ini akan menimbulkan memar-memar pada permukaan kulit si kecil.

 

3. Mudah Sariawan atau Mengalami Gusi Berdarah

Salah satu manfaat dari vitamin C adalah menjaga kesehatan tulang, gigi, dan gusi. Oleh sebab itu, area mulut akan mudah terkena sariawan atau mengalami gusi berdarah saat kebutuhan vitamin C anak tidak terpenuhi. Jadi, cegah hal ini dengan memperhatikan kebutuhan asam askorbat pada anak ya!

 

4. Kulit dan Rambut Jadi Kering

Kulit dan rambut pada anak yang kekurangan vitamin C biasanya cenderung lebih kering. Hal ini karena vitamin C juga berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar UV, sehingga kulit akan menjadi kering dan kasar apabila kebutuhan vitamin C tidak terpenuhi.

Selain itu, kekurangan vitamin C juga akan menghambat penyerapan zat besi di tubuh. Apabila dibiarkan, hal ini akan menyebabkan penyerapan mineral kurang optimal, yang mengakibatkan rambut jadi kering dan mudah rontok.

 

5. Anak Gampang Sakit

Kekurangan vitamin C juga akan melemahkan sistem kekebalan tubuh pada anak. Apabila dibiarkan, maka daya tahan tubuh pun tidak akan mampu melawan ancaman virus dan bakteri, sehingga anak lebih rentan terkena penyakit. 

 

6. Sering Mimisan

Jangan remehkan mimisan pada anak karena jika hal ini sering terjadi, tandanya tubuh si kecil kekurangan vitamin C. Perlu kamu tahu bahwa mimisan terjadi karena pembuluh kapiler di dalam area hidung melemah. Ternyata, penyebab utama yang memicu hal tersebut karena kebutuhan vitamin C tidak terpenuhi dengan baik.

 

 

Tips Mencukupi Kebutuhan Vitamin C Anak

Melihat perannya yang begitu besar bagi kesehatan si kecil, maka kamu harus mengupayakan supaya kebutuhan vitamin C anak selalu tercukupi. Bagaimana caranya? Simak rahasianya berikut ini.

1. Berikan Buah dan Sayur yang Kaya Vitamin C

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memenuhi asupan vitamin C pada anak yaitu dengan memberikan buah dan sayur yang kaya vitamin C sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Beberapa buah dan sayur yang sangat direkomendasikan antara lain jeruk, jambu biji, stroberi, kiwi, lemon, leci, melon jingga, tomat, brokoli, paprika, bunga kol, kentang, dan lain-lain.

 

2. Minum Multivitamin Tambahan

Beberapa orang tua mungkin merasa kewalahan karena anak adalah tipe pemilih yang tidak suka mengonsumsi buah dan sayur. Jika hal ini menimpa kamu, maka tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengoptimalkan asupan asam askorbat pada anak dengan memberikan multivitamin tambahan.

 

 

Kira-kira, multivitamin apa yang sebaiknya diberikan ke anak? Pastikan kamu hanya memilih Enervon-C Plus Syrup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C pada si kecil. Di dalamnya terkandung vitamin C, B-Kompleks, juga vitamin A dan D.

Vitamin C efektif dalam menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit, sedangkan vitamin B-Kompleks akan menghasilkan energi pada tubuh si kecil. Selain itu, multivitamin yang satu ini juga diperkaya dengan vitamin A yang menunjang pertumbuhan dan vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

Bahkan, konsumsi rutin Enervon-C Plus Syrup juga efektif meningkatkan nafsu makan anak serta mempercepat proses penyembuhan pasca sakit. Untuk usia 1 sampai 6 tahun, dosis yang dianjurkan adalah 5 ml per hari, sedangkan untuk usia 6 hingga 12 tahun sebanyak 10 ml tiap harinya.

Ayo penuhi nutrisi dan kebutuhan vitamin C anak dengan memberikan Enervon-C Plus Syrup secara rutin. Order sekarang juga dengan melakukan pembelian hanya di official store Enervon yang terpercaya di Shopee dan Tokopedia.