Vitamin B12 yang dikenal sebagai kobalamin merupakan vitamin yang sangat penting untuk memproduksi sel darah merah dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Vitamin B12 sendiri dapat ditemukan pada daging, ikan, unggas, telur, dan susu.

Begitu juga dengan zinc yang juga sangat bermanfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan sistem imun, membantu penyerapan nutrisi, bertindak sebagai antioksidan, dan menjaga kesehatan mata.

Namun sayangnya, ada beberapa orang yang masih kekurangan vitamin ini. Nah, hati- hati jika kekurangan vitamin B12 dan zinc karena bisa saja kamu mengalami masalah kesehatan tertentu. Ini dia beberapa masalah kesehatan yang mungkin kamu alami ketika kekurangan vitamin B12 dan zinc.

1. Mudah lelah dan letih

Credit: netz.id

Masalah yang paling umum dari kekurangan vitamin B12 dan zinc adalah tubuh mudah lelah meskipun kamu sudah cukup tidur. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak memiliki cukup bahan baku untuk membuat sel darah merah yang membawa oksiden ke seluruh tubuh. Dan akibatnya, oksigen tidak dapat diedarkan ke seluruh tubuh secara maksimal dan membuatmu jadi mudah lelah.

2. Anemia

Credit: parenting.orami.co.id

Kurang vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, khususnya anemia megaloblastic, yang terjadi ketika jumlah sel darah merah yang berkualitas lebih sedikit dari biasanya. Ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang berfungsi dengan baik, jaringan dan organ tubuh pun tidak mendapat cukup oksigen.

Vitamin B12 dan zinc diperlukan untuk memproduksi sel darah merah yang sehat. Dan ketika tubuhmu kekurangan kedua zat ini, kemampuan tubuh memproduksi sel darah merah yang berkualitas pun menurun.

3. Depresi

Credit: hipwee.com

Kurangnya vitamin B12 dan zinc berhubungan dengan terjadinya depresi. Vitamin B12 dan vitamin B lainnya bekerja sama untuk memproduksi zat kimia tubuh yang mempengaruhi suasana hati dan fungsi otak. Maka itu, ketika kamu kekurangan vitamin B12, keseimbangan produksi zat kimia otak pun dapat terganggu.

4. Neuropati Perifer

Credit: halodoc.com

Kondisi kekurangan vitamin B12 dan zinc juga dapat memicu terjadinya masalah pada saraf. Ini dapat merusak selubung mielin yang berfungsi untuk mengelilingi dan melindungi saraf. Tanpa adanya pelindung ini, saraf berhenti berfungsi dengan baik.

Kerusakan saraf karena kekurangan vitamin B12 san zinc dapat terjadi secara permanen jika tidak langsung diobati. Dan gejala yang paling sering terjadi adalah mati rasa di tangan dan kaki.

5. Sembelit

Credit: liputan6.com

Anemia yang semakin para pada orang yang kekurangan vitamin B12 dan zinc dapat berpotensi menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit. Jika kedua vitamin ini terus menerus tidak tercukupi, sembelit pun akan semakin parah.

 

Untuk menghindari berbagai masalah kesehatan yang terjadi karena kekurangan vitamin B12 dan zinc, kamu bisa mengonsumsi sumber makanan yang mengandung kedua vitamin tersebut. Seperti salmon, ikan tuna, atau hati sapi. Dan agar kesehatanmu semakin terjaga, selalu minum Enervon-C yang mengandung vitamin C dan Vitamin B kompleks yang membantu jaga daya tahan tubuhmu biar tidak mudah sakit.

Atau konsumsi Enervon Active yang mengandung vitamin C, vitamin B kompleks dan zinc, yang membantumu tetap aktif dan segar sepanjang hari.

 

 

Featured Image - klikdokter.com