Meski tidak semua orang menyukai brokoli, tetapi sayuran ini termasuk sumber makanan yang menyehatkan tubuh. Ini karena brokoli kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin, mineral dan serat.

Kandungan Nutrisi Brokoli

Credit: cleananddelicious.com

Brokoli mengandung berbagai nutrisi, seperti:

  • Vitamin A, B1, B3, B5, B6, C, D, E, dan vitamin K.
  • Mineral, seperti kromium, fosfor, mangan, potassium, tembaga, magnesium, zinc, zat besi, kalsium, dan selenium.
  • Makronutrien, seperti protein, serat, dan asam lemak omega-3.
  • Selain itu, brokoli juga mengandung sulfur, betakaroten, antioksidan, dan berbagai fitonutrien (zat kimia yang diproduksi oleh tumbuh- tumbuhan).

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini berbagai manfaat brokoli untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Credit: impressence.com

Brokoli kaya akan vitamin C. kandungan inilah yang mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh, ketika kamu rutin mengonsumsi sayuran hijau ini. Dengan daya tahan tubuh yang baik, kamu bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

Selain dari brokoli, kamu bisa mendapatkan kebutuhan vitamin C dari Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

2. Membantu proses penurunan berat badan

Credit: topmedia.co.id

Jika kamu sedang dalam program penurunan berat badan, coba deh untuk mengonsumsi sayur brokoli. Karena, brokoli kaya akan serat yang membuat kamu kenyang lebih lama, sehingga kamu tidak akan makan secara berlebih yang berdampak pada kenaikan berat badan.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Credit: isagenixhealth.net

Kandungan mineral dalam brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium, magnesium, serat, dan asam lemak omega-3 bisa membantu menjaga kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Kalium dalam brokoli juga bisa membuka atau melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Inilah yang bisa berdampak baik pada kesehatan jantung.

4. Menjaga kesehatan tulang

Credit: hellosehat.com

Brokoli juga kaya akan kalsium, mineral penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan gigi serta tulang. Sehingga, dengan mengonsumsi brokoli secara rutin mampu menjaga kepadatan tulang, serta mencegah osteoporosis.

 

Itulah kelima manfaat brokoli untuk kesehatan. Agar kandungan dalam brokoli tetap terjaga, jangan lupa untuk menyimpan sayur di dalam kulkas, masak brokoli maksimal 20 menit sehingga kandungan nutrisinya tidak rusak, dan pastikan brokoli sudah dalam keadaan bersih sebelum dikonsumsi.

 

 

Featured Image - hellosehat.com