Sel darah merah yang terlalu sedikit di dalam tubuh dapat menyebabkan oksigen dan nutrisi tidak dapat diedarkan ke seluruh tubuh dengan baik. Akibatnya kamu dapat mengalami gejala anemia, seperti lelah, sakit kepala, kulit pucat, tangan dan kaki terasa dingin, serta sesak napas.

Tidak hanya dari makanan seperti sayuran atau daging, kamu juga bisa mengonsumsi berbagai buah- buahan yang dapat menambah sel darah merah.

Berikut ini berbagai buah- buahan kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk menambah sel darah merah dalam tubuhmu.

1. Jeruk

Credit: yummy.ph

Jeruk merupakan salah satu buah penambah darah yang baik karena mengandung asam folat tinggi. Asupan asam folat yang cukup dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah baru.

Selain untuk menambah sel darah merah, jeruk dapat membantu penyerapan zat besi karena mengandung vitamin C. Zat besi sendiri merupakan komponen sel darah merah yang dapat membantu meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh.

2. Jambu Biji

Credit: hipwee.com

Buah ini memang sudah terkenal sebagai penambah darah atau trombosit. Hal ini karena jambu biji kaya akan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, serta zat besi yang berperan penting dalam pembentukan hemoglobin.

3. Mangga

Credit: indoindians.com

Selain rasanya yang nikmat, mangga juga terkenal sebagai buah penambah darah, lho. Mangga mengandung vitamin C, yang mampu membantu penyerapan zat besi di dalam usus. Selain itu, mangga juga kaya akan vitamin B, C, E, K dan berbagai mineral penting seperti magnesium, kalsium, tembaga, mangan, zinc, dan zat besi.

4. Alpukat

Credit: msn.com

Alpukat juga merupakan salah satu buah paling digemari, apalagi kalau dijadikan jus! Namun, masih banyak yang tidak tahu bahwa alpukat merupakan salah satu buah penambah darah yang bisa mencegah anemia. Alpukat mengandung zat besi, fosfor, kalsium, vitamin A, B1, dan C yang berperan dalam pembentukan sel darah merah baru.

5. Apel

Credit: newfoodmagazine.com

Bagi kamu yang memiliki darah rendah, yuk coba konsumsi buah apel secara rutin. Apel bisa menjadi buah penambah darah karena mengandung sejumlah vitamin dan mineral, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5 B6, C, zat besi, asam folat, fosgor, magnesium, kalium, natrium, dan seng. Selain dapat menambah sel darah merah, apel juga bermanfaat untuk menjaga berbagai organ dalam tubuh, terutama jantung.

6. Semangka

Credit: medicalnewstoday.com

Buah yang terdiri dari 90% air ini memang sering dianggap sebagai buah detoks yang mampu membersihkan tubuh. Selain rasanya yang menyegarkan, buah semangka juga bermanfaat untuk menambah sel darah merah. Dalam 100 gram buah semangka, mengandung 0,2 mg zat besi, serta vitamin C yang dapat membantu proses penyerapan zat besi.

 

Jika selama ini kamu merasa bahwa asupan zat besi sudah cukup, namun tubuh masih saja sering terasa lemas dan kurang bertenaga, mungkin saja ada nutrisi yang terlewatkan. Bersamaan dengan zat besi, tubuh juga memerlukan vitamin C yang  mampu mempercepat penyerapan zat besi dalam tubuh.

Tanpa adanya kadar vitamin C yang cukup, zat besi sebanyak apapun tidak terserap secara maksimal. Jadi, selain berbagai buah yang sudah disebutkan di atas, konsumsi  mulvitamin vitamin C, seperti Enervon-C yang juga mengandung vitamin B kompleks untuk membantu jaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit. 

Dan untuk kamu yang memiliki aktivitas pada, minum Enervon Active yang mengandung vitamin C, B kompleks, dan Zinc untuk membantu jaga stamina agar kamu tidak mudah lelah. Dengan mengonsumsi buah- buahan dan multivitamin Enervon-C atau Enervon Active, kamu bisa terbebas dari darah rendah dan tubuh pun selalu terasa bugar.

Namun, jika kadar hemoglobin mu masih rendah, bisa jadi penyebab lainnya karena kekurangan vitamin B kompleks dalam tubuh. Konsumsi juga makanan tinggi vitamin B kompleks seperti kacang polong, pisang, buah bit, nanas, atau lentil.

 

 

Featured Image - insider.com