Menjalani hari yang produktif berarti kamu berhasil memanfaatkan waktumu untuk mengerjakan sesuatu, atau bahkan memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru. Ini juga berarti kamu tidak menghabiskan waktumu untuk hal yang sia- sia atau tidak memberikan manfaat untukmu.

Sangat disayangkan jika kamu melewati harimu dengan tidak produktif. Karena kamu sudah membuang- buang waktu yang sangat berharga.

Nah, agar waktumu tidak terbuang begitu saja, kamu wajib tahu ini apa saja sih tanda- tanda hari yang produktif. Yuk, simak ulasannya berikut ini ya.

1. Memiliki Skala Prioritas Terhadap Kegiatan yang Dilakukan

Credit: learning.linkedin.com

Hari yang produktif pasti memiliki jadwal yang jelas, mulai dari kegiatan yang harus kamu lakukan atau pekerjaan apa yang harus diselesaikan. Dengan adanya skala prioritas ini kamu akan lebih mudah untuk menentukan kegiatan apa saja yang paling penting untuk kamu lakukan.

Kamu bisa membuat jadwal harianmu dalam buku jurnal atau bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti Google Calendar. Jadi lebih mudah kan!

2. Berani Mengatakan Tidak Pada Kegiatan yang Tidak Sesuai Prioritas

Credit: wholebeinginstitute.com

Kamu perlu berani mengatakan ‘tidak’ pada ajakan kegiatan yang memang tidak sesuai dengan prioritasmu. Menghabiskan waktu untuk membahas ide pekerjaan atau inovasi baru tentu lebih baik, daripada menghabiskan waktu dengan kegiatan yang kurang bermanfaat.

Saat kamu menghadapi hal ini, kamu tidak perlu ragu untuk menolaknya. Dengan penjelasan yang baik, tentu saja teman- temanmu akan mengerti mengapa kamu menolak ajakan tersebut.

3. Memiliki Waktu Untuk Bersosialiasi

Credit: kompas.com

Manusia adalah makhluk sosial. Jadi, membangun relasi dan mempererat suatu hubungan itu penting, lho. Bersosialiasi tidak hanya dengan teman kantor atau teman kampus saja. Tapi, kamu bisa menjalani hubungan baik dengan tetangga, sahabat lamamu, atau bahkan dengan pedagang yang ada di sekitar rumah.

4. Mampu Fokus Mengerjakan Satu Hal Dengan Baik

Credit: wavelength.asana.com

Multitasking tidak selamanya selalu benar, lho. Ada pula yang menyebutkan bahwa multitasking bisa menyebabkan penurunan daya ingat dan tingkat pemahaman kita. Ditambah lagi, jika suatu pekerjaan yang dilakukan dengan cara multitasking menjadi kurang optimal.

Hari produktif bukan berarti kamu harus melakukan berbagai hal, namun lebih kepada bagaimana kamu melakukan suatu pekerjaan dengan fokus. Sehingga, hasil yang dicapai pun maksimal.

5. Kamu Tahu Kegiatan Apa yang Sedang Dilakukan dan Apa Manfaatnya Untukmu

Credit: theconversation.com

Bila kamu memang menjalani hari yang produktif, kamu pasti tahu betul apa yang sedang kamu lakukan, tujuannya, dan manfaat apa yang bisa kamu peroleh dari kegiatan tersebut. Jadi, pastikan kamu memiliki tujuan yang ingin kamu capai dari setiap kegiatan yang kamu lakukan. Jangan sampai kamu melakukan sesuatu hal tanpa tujuan yang jelas, dan akhirnya malah hanya membuang- buang waktumu saja.

6. Menggunakan Setiap Momen untuk Belajar Pengalaman Baru

Credit: 150sec.com

Mulai sekarang, coba deh berhenti untuk mengeluh dan ambil kesempatan yang ada untuk terus belajar. Jadikan harimu selalu produktif dengan menambah ilmu dan pengalaman baru. Daripada kamu capek mengeluh, lebih baik kamu mengembangkan diri dan belajar di setiap momen yang kamu miliki.

7. Lakukan Evaluasi Terhadap Semua Hal yang Sudah Kamu Lakukan

Credit: idntimes.com

Dipenghujung hari, jangan lupa untuk selalu mengintropeksi diri dari kegiatan yang sudah kamu lakukan seharian. Evaluasi dirimu dengan memperbaiki kesealahan untuk esok hari. Dan yang paling penting adalah selalu bersyukur karena kamu sudah berhasil melewati satu hari dalam hidupmu dengan baik.

Nah, itulah ketujuh tanda kalau kamu sudah memiliki hari yang produktif. Bagaimana, kamu sudah memiliki tanda- tanda tersebut belum? Mulai sekarang, yuk hargai setiap waktu dalam hidupmu dan jadikan harimu selalu produktif, ya.

Untuk membantumu semakin produktif, konsumsi Enervon Active yang mengandung vitamin C, B Kompleks, dan Zinc yang dapat menjaga daya tahan tubuh sekaligus menjaga energi sepanjang hari.

 

Faetured Image - insights.dice.com