7 Tips Cerdas Untuk Latih Kemampuan Problem Solving di Dunia Kerja

7 Tips Cerdas Untuk Latih Kemampuan Problem Solving di Dunia Kerja

font size A Ǎ

Dunia pekerjaan adalah dunia yang cukup kompleks dengan segala permasalahan yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, kamu yang masih mempunyai rutinitas sebagai pegawai kantoran, tentunya tidak asing dengan kemampuan problem solving. Jenis kemampuan ini yang akan bantu kamu pecahkan masalah.

Hal tersebut berdasarkan sebuah penjelasan di situs glints.com – yang mengatakan kalau problem solving tidak hanya kemampuan menyelesaikan masalah saja, tapi juga menjadi mind set yang membawa seseorang selalu berusaha berpikir positif dalam mencari jalan keluar dari masalah.

Kemampuan problem solving adalah salah satu keahlian yang cukup kompleks. Artinya, kemampuan ini terdiri dari berbagai kemampuan lainnya seperti mampu berpikir secara sistematis, logis, dan juga efektif. Ditambah, seseorang bisa menggunakan pengalaman keberhasilan atau kegagalan untuk menentukan solusi dari sebuah masalah.

 

 

7 Tips Cerdas Untuk Latih Kemampuan Problem Solving di Dunia Kerja

credit: gophouse.org

Selain itu – ada beberapa hal lain lagi lho yang bisa bantu kamu memiliki kemampuan problem solving yang mumpuni. Penasaran? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini yang akan menjelaskan ada 7 cara cerdas yang bisa meningkatkan kemampuan problem solving kamu.

 

Selalu Berpikir Positif

Umumnya atau kebanyakan orang langsung panik ketika menghadapi sebuah masalah. Rasa panik itu membuat seseorang tidak mampu berpikir jernih dan cenderung negatif seperti rasa ingin menyerah begitu saja.

Hal ini bisa dihindari dengan cara melatih diri kamu untuk tenang, dan mencoba berpikir positif dari segala permasalahan yang sedang kamu hadapi. Mungkin terbaca klise – tapi mencoba bernapas dengan normal, menenangkan pikiran adalah beberapa cara untuk membuat kamu tetap berpikir positif.

 

Mampu Mengidentifikasi Masalah

Ketenangan serta pola berpikir positif akan membuat kamu semakin mudah untuk mengidentifikasi masalah yang ada. Kebanyakan orang masih berada di ‘permukaan’ dalam mengidentifikasi sebuah masalah.

Hal ini terkait dengan pola berpikir mereka yang kurang sistematis, logis dan efektif. Ini akan menyebabkan mereka hanya menyelesaikan masalah di permukaannya saja tanpa mengetahui akar permasalahannya. Oleh karena itu, kamu mesti kritis untuk mampu mengidentifikasi masalah sampai ke akarnya.

 

Terus Mencari Ide

Mereka yang mumpuni dalam problem solving adalah orang-orang yang penuh dengan ide. Lalu bagaimana untuk bisa terus mendapatkan ide yang dimaksud? Latihan seperti brainstorming adalah salah satu cara untuk kamu berlatih memiliki ide-ide cermerlang.

Ide-ide yang muncul bisa diproses bersama dengan teman-teman mu, jadi kamu bisa melatih jug acara berpikir yang logis serta sistematis dari proses tersebut. Hal ini akan membuat kamu terbiasa untuk berpikir lebih dalam untuk menyelesaikan masalah.

 

Melakukan Evaluasi

Terlepas dari beberapa cara cerdas di atas – ada satu cara lagi yang bisa menguji berbagai cara yang sudah dijelaskan sebelumnya – cara itu adalah evaluasi. Kamu mesti lho melakukan evaluasi terhadap masalah-masalah yang sudah kamu bereskan.

Hal ini akan mengacu untuk produktivitas ide-ide lain, atau cara-cara lain yang lebih efektif untuk menyelesaikan masalah.

 

Jadi Eksekutor yang Handal

Ini juga penting – jangan hanya jadi pemberi ide saja atau konseptor, tapi kamu juga mesti terbiasa untuk jadi eksekutor. Hal ini akan memperluas khasanah kamu dalam menyelesaikan masalah. Percaya atau tidak – sebuah masalah terkadang bisa jadi beda jika dilihat sebagai eksekutor, lho.

Oleh karena itu, kamu mesti mengetahui persis bagaimana menyelesaikan masalah di luar lapangan dan juga di dalam lapangan.

 

Periksa Kembali Idenya

Setelah kamu jadi konseptor dan eksekutor dari ide-ide untuk menyelesaikan masalah, kamu mesti memeriksa kembali apakah ide kamu berjalan dengan lancar untuk menyelesaikan masalah terkait. Hal ini akan membuat pengalaman kamu bertambah.

 

Mengembangkan Ide Lain

Dari berbagai ide yang kamu ciptakan, memang hanya satu atau dua saja yang terpakai untuk menyelesaikan masalah. Tapi tidak berarti ide yang lain kamu buang begitu saja. Kamu bisa simpan dan bahkan kamu kembangkan untuk menyelesaikan masalah yang lain.

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup jelas kan bagaimana kamu bisa memulai mengasah kemampuan problem solving-nya? Sila dicoba dan diterapkan ya!

 

Feature Image – lucidchart.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!