Kegiatan silaturahmi saat hari Lebaran dan juga mudik ke kampung halaman sudah boleh kembali dilakukan, setelah dua tahun kegiatan tersebut dilarang akibat masih tingginya penularan virus corona. Biar tetap aman, ada sejumlah tips yang penting untuk diterapkan, lho.

Ingat, kamu tetap tidak boleh lengah – dan terus menerapkan protokol kesehatan untuk meminimalisir risiko paparan Covid-19. Pasalnya, penularan virus masih tetap ada. Berikut ini 5 tips merayakan hari Lebaran di tengah pandemi.

 

 

Usahakan Tetap Berjaga Jarak

Credit Image - kompas.com

Yang pastinya penting untuk diterapkan, yaitu usahakan tetap menjaga jarak satu sama lain – dan pastinya memakai masker. Usahakan untuk duduk berjarak dan pastikan pertukaran udara, di area tempat duduk dan kumpul, sangat baik. Akan lebih baik lagi kalau kamu ngobrol di ruangan terbuka.

Selain itu, pastikan untuk tetap memakai masker selama ada tamu. Sediakan pula tempat membuang sampah masker medis biar enggak tercampur dengan sampah lainnya. Bila mungkin, batasi waktu dan jumlah kunjungan tamu, ya.

 

Jaga Jarak Ketika Salat Idul Fitri

Salat Idul Fitri memang sebaiknya dilakukan secara berjamaah. Jika kamu ingin melakukannya di masjid, mushala, tanah lapang, berikut adalah panduannya:

  • Cuci tangan dengan sabun serta air mengalir.
  • Berwudhulah dari rumah agar tidak perlu berkerumun di tempat wudhu umum.
  • Gunakan masker dengan benar.
  • Lakukan pengecekan suhu tubuh.
  • Pastikan pelaksana salat Id mengikuti aturan untuk memperpendek bacaan salat dan mempersingkat pelaksanaan khotbah.
  • Jaga jarak atau physical distancing setidaknya 1,5 m dengan orang lain sejak perjalanan dari rumah, memasuki masjid atau area salat, hingga saf salat.
  • Patuhi pengaturan saf dengan jarak sekitar 1,5–2 meter.
  • Gunakan sajadah atau alas salat sendiri dan tidak berbagi dengan orang lain.
  • Hindari berjabat tangan atau berpelukan setelah salat Ied dan menggantinya dengan senyuman atau salam dari jauh.

 

Dapat Melakukan Pembayaran Zakat Fitrah Via Transfer

Credit Image - idxchannel.com

Seperti diketahui, zakat fitrah adalah zakat yang wajib dibayarkan pada bulan Ramadan. Zakat jenis ini ditunaikan sejak awal puasa dan paling lambat dilakukan sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri. Jadi, jangan sampai kamu melewatkannya, ya.

Guna mengurangi terjadinya kontak fisik dan tatap muka, pembayaran zakat bisa dengan mudah dilakukan melalui transfer perbankan. Berdasarkan ketetapan Badan Amil Zakat Nasional, biasanya nilai zakat fitrah setara dengan uang sebesar Rp40.000 per orang.

 

Saling Berkirim Parsel Lebaran

Jika di momen Lebaran kali ini kamu masih idak mudik dan tetap berada di rumah bukan berarti kamu tidak bisa memberikan bingkisan kepada keluargamu di kampung halaman, lho. Kamu masih punya alternatif lainnya.

Untuk memberikan kado dan kue-kue kering kepada mereka, kamu bisa memesan parsel Lebaran secara online atau membuatnya sendiri dan mengirimkannya melalui jasa kurir. Dengan begitu, keluarga yang tinggal jauh di kampung pun tetap bisa menikmati kue kering buatanmu.

 

Tetap Menjaga Imunitas Tubuh

Credit Image - nationalgeographic.grid.id

Biar kegiatan silaturahmi semakin maksimal – dan risiko paparan virus bisa diminimalisir, tak hanya soal protokol kesehatan, kamu juga perlu menjaga kesehatan tubuh agar kekebalan tubuh tetap kuat. Jadi, risiko terkena penyakit pun semakin rendah.

Gaya hidup sehat bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, tidur yang cukup, rutin berolahraga, dan mengelola stres dengan baik. Untuk memaksimalkannya, konsumsi vitamin dan mineral yang bisa diperoleh dari asupan suplemen multivitamin.

Kamu disarankan mengonsumsi rangkaian multivitamin dari Enervon, lho.

Kamu dapat mengonsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, serta dapat memberikan rasa segar sepanjang hari, lho.

Dan, untuk kamu yang punya lambung sensitif, sangat direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks pada membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Hal ini tentu dapat membuat kamu semakin produktif.

Dan untuk anak-anak, bisa berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak.

Tak hanya itu, Enervon-C Plus Sirup pun dapat bantu optimalkan tumbuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Jadi, itulah kelima tips merayakan hari Lebaran di tengah pandemi agar tetap terhindar dari risiko penularan virus!

 

 

Featured Image – detik.com