Tak hanya virus corona Covid-19 saja, kini ancaman Hepatitis Akut misterius tengah mengintai anak-anak. Untuk menghindari Si Kecil dari infeksi penyakit, ada beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan orangtua.

Perlu diketahui, kelompok anak memang rentan terhadap infeksi. Seringnya melakukan kontak dengan banyak orang – dan sistem kekebalan yang belum terbentuk sempurna membuat Si Kecil lebih mudah terserang penyakit.

Risiko infeksi semakin besar pada kelompok anak, apalagi jika dikaitkan dengan kebiasaan bayi dan balita yang gemar memengang mainan sembarangan serta menggunakan tangan untuk menyentuh hidung dan mata.

Guna menghindari risiko infeksi pada anak, berikut 5 langkah yang perlu dilakukan.

 

 

1. Dapatkan Imunisasi

Credit Image - birdsnbees.co.id

Perlu diketahui bahwa imunisasi menjadi cara paling efektif untuk melindungi anak dari berbagai infeksi. Imunisasi juga menghentikan penyebaran infeksi di tengah masyarakat dengan cara meningkatkan herd immunity.

Saat ini, ada beberapa imunisasi dasar yang wajib didapatkan anak dalam berbagai rentang usia, mulai dari bayi hingga jelang remaja. Jadi, pastikan kamu memerhatikan daftar imunisasi – dan pastikan anak sudah mendapatkannya.

 

2. Tak Bepergian Ketika Sakit

Saat sakit, sistem kekebalan tubuh akan melemah. Untuk itu, biarkan anak yang sedang sakit agar tetap berada di rumah. Membawa anak bepergian dalam kondisi sakit hanya akan menempatkan mereka pada risiko infeksi yang tinggi.

Selain itu, orangtua juga diingatkan bahwa infeksi penyakit bisa menular beberapa hari sebelum gejala muncul dan setelah gejala hilang. Untuk itu, pastikan anak sudah pulih, kemudian baru beraktivitas kembali.

 

3. Hindari Kerumunan

Credit Image - finance.detik.com

Beberapa penyakit mungkin sangat mudah ditularkan dalam ruangan yang terlalu padat dengan sirkulasi udara yang buruk. Hal satu ini pun sering dihubungkan dengan orangtua dulu yang menyarankan untuk tidak membawa anak keluar rumah selama 40 hari setelah dilahirkan.

Mungkin, kebiasaan tersebut ada benarnya juga, karena bayi baru lahir biasanya daya tahan tubuhnya belum terlalu sempurna. Sehingga, jika dibawa ke keramaian seperti pasar, mudah sekali tertular penyakit.

 

4. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah satu satu bentuk pencegahan infeksi pada anak yang sederhana, namun penting. Berikut langkah-langkah menjaga kebersihan yang patut diperhatikan:

  • Cuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan kamar mandi, setelah menyentuh benda apa pun. Dan keringkan tangan dengan benar karena kelembapan bisa menyerap lebih banyak kuman.
  • Ajarkan anak untuk menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur demi mencegah infeksi di rongga mulut.
  • Menutup mulut saat bersih dan batuk.
  • Membersihkan permukaan rumah secara teratur, jauhkan dari jangkauan anak jika menggunakan disinfektan.
  • Menjaga kebersihan lingkungan, seperti menutup genangan air untuk mencegah demam berdarah.
  • Bersihkan sayur-buah dan daging secara terpisah.
  • Memastikan makanan dan minuman yang dikonsumsi anak aman dan matang.
  • Jangan menyimpan makanan kering maupun basah di dalam kamar tidur, makanan bisa menarik serangga yang menularkan penyakit.

 

5. Menjaga Imunitas Anak

Credit Image - klikdokter.com

Selain 4 hal di atas, jangan lupa untuk tetap berikan asupan multivitamin yang cukup. Untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya, pastikan si kecil mendapatkan kebutuhan vitamin C – karena vitamin ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan akan lebih kuat dalam menangkal virus.

Vitamin C bisa diperoleh dari makanan sehat seperti sayur dan buat. Namun agar lebih optimal, kamu bisa memberikan anak suplemen multivitamin tambahan dengan kandungan yang lengkap seperti Enervon-C Plus Sirup.

Multivitamin Enervon-C Plus Sirup mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang dapat menjaga daya tahan tubuh, membantu optimalkan proses tumbuh kembangnya, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, serta membantu pembentukan tulang dan gigi.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Itulah kelima langkah yang penting diterapkan orangtua untuk menghindari Si Kecil dari infeksi penyakit berbahaya. Pastikan kamu sudah menerapkannya, ya!

 


Featured Image – skata.info

Source – cnnindonesia.com