Urin Berwarna Kuning Setelah Konsumsi Suplemen Vitamin C, Amankah Hal Tersebut?

Urin Berwarna Kuning Setelah Konsumsi Suplemen Vitamin C, Amankah Hal Tersebut?

font size A Ǎ

Apakah kamu sering kali merasa panik ketika warna urin berubah jadi kuning setelah mengonsumsi vitamin? Terlebih, suplemen vitamin C maupun yang punya kandungan vitamin B kompleks di dalamnya. Tenang, kondisi ini tidak berbahaya kok!

Biar lebih jelas mengenai urin kuning setelah konsumsi multivitamin, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

 

Urin berubah menjadi kuning, misalnya setelah mengonsumsi suplemen vitamin C – yang juga punya kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, seperti Enervon-C. Pasti kerap dialami oleh sebagian besar orang ya?

Tapi, kamu nggak perlu panik. Sebab, kondisi ini wajar dialami, lho. Perubahan urin setelah minum suplemen vitamin C – termasuk Enervon-C dipengaruhi oleh kandungan vitamin di dalamnya.

 

Penyebab Urin Jadi Kuning Setelah Konsumsi Suplemen Vitamin C

Urin Berwarna Kuning Setelah Konsumsi Suplemen Vitamin C, Amankah Hal Tersebut?

Urin Berwarna Kuning Setelah Konsumsi Suplemen Vitamin C, Amankah Hal Tersebut? / Credit: lifestyle.okezone.com

Seperti diketahui, urin merupakan sebuah zat yang dibentuk dan diproses oleh ginjal. Nah, ginjal juga termasuk organ yang berperan untuk menyaring darah setiap lima menit sekali. Di sini, ginjal akan menyerap zat yang dibutuhkan tubuh, lalu membuang zat yang tidak diperlukan – ini dibuang melalui urin ya.

Vitamin, termasuk suplemen vitamin C – merupakan sebuah zat mikronutrien yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah tertentu saja. Jadi, dalam hal ini tubuh akan menyerap zat seperlunya, dan membuang sisanya lewat urin.

Urin kuning setelah minum multivitamin menandakan bahwa ginjalmu sukses mengeluarkan kelebihannya dengan baik. Jadi, sisa kelebihan tersebut tidak menumpuk di dalam tubuh.

Perlu diketahui pula, terdapat dua jenis vitamin, yaitu vitamin larut air – yang meliputi vitamin C dan vitamin B kompleks. Lalu, vitamin larut lemak, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan juga vitamin K.

Sejauh ini ada dua hal lainnya yang menyebabkan urin menjadi kuning setelah minum vitamin, yaitu:

Warna Vitamin Memengaruhi Warna Urin

Untuk suplemen vitamin C, termasuk Enervon-C yang juga punya kandungan vitamin B2 alias Riboflavin – hal ini dipengaruhi oleh warna vitamin itu sendiri. Kedua vitamin tersebut memang berwarna kuning, sehingga zat yang tidak dibutuhkan pun dikeluarkan melalui urin yang berubah jadi kuning.

 

Vitamin Jenis Larut Air

Enervon-C memiliki kandungan vitamin yang berjenis larut air, yaitu vitamin C dan vitamin B kompleks. Mengonsumsi multivitamin ini dapat meningkatkan risiko urin menjadi warna kuning ya!

 

 

 

Urin Jadi Kuning, Apakah Menandakan Bahwa Vitamin Terbuang Semua?

Urin Berwarna Kuning Setelah Konsumsi Suplemen Vitamin C, Amankah Hal Tersebut?

Urin Berwarna Kuning Setelah Konsumsi Suplemen Vitamin C, Amankah Hal Tersebut? / Credit: jovee.id

Tentu tidak. Seperti yang sudah disebutkan, bahwa vitamin yang kamu konsumsi akan diserap oleh tubuh secara maksimal. Kemudian, zat yang terbuang melalui urin – merupakan kandungan yang tidak diperlukan tubuh.

Justru, perubahan warna urin menjadi pertanda kalau tubuh kamu sudah memperoleh vitamin dalam jumlah yang tepat. Tentu saja, hal ini dapat membantu menjaga kesehatan, sekaligus menjaga daya tahan tubuh ya?

Kandungan vitamin C dan vitamin B2 dalam Enervon-C – justru memiliki banyak manfaat untuk tubuh, lho. Mulai dari menjaga daya tahan tubuh, mengoptimalkan proses metabolisme, mengubah karbohidrat menjadi glukosa untuk sumber energi, serta menjaga fungsi organ tubuh.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu tak perlu lagi takut ketika urin berubah jadi warna kuning setelah minum suplemen vitamin C, seperti Enervon-C ya?

Jangan biarkan mitos yang satu ini justru membuatmu ogah minum suplemen vitamin C! Dengan minum multivitamin Enervon-C setiap hari memiliki manfaat baik untuk imunitas tubuh, sekaligus meningkatkan energi tubuh!

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang punya kandungan 500 mg vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C yang lebih tinggi, yaitu 1000 mg! Keduanya sama-sama efektif untuk menjaga kekebalan tubuh, lho!

 

Featured Image - krjogja.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!