Dalam dunia pekerjaan, setiap karyawan pasti dituntut untuk mampu berpikir kreatif. Apakah kamu setuju? Menjadi seseorang yang kreatif membuatmu mesti bisa melihat sesuatu dari kacamata, sekaligus perspektif yang berbeda.

Dengan berpikir kreatif, kamu dapat mengambil berbagai kesempatan baik, apalagi mengenai hal-hal yang bisa meningkatkan jenjang karir. Lantas, sudah tahukah kamu apa itu kreatif? Dan, apa pentingnya punya pemikiran yang kreatif?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Apa Itu Kreatif?

Credit Image - cekpremi.com

Sebelum memasuki ulasan mengenai pentingnya berpikir kreatif, kamu mesti mengetahui apa itu kreatif – dan berbagai bentuknya terlebih dahulu, ya. Kreatif merupakan upaya untuk menciptakan sesuatu yang berbeda dari lainnya, atau menghubungkan hal-hal yang tidak berhubungan.

Atau, kreatif juga bisa dikatakan sebagai gagasan terhadap konsep dan rencana untuk kemajuan. Dalam gagasan tersebut, dibutuhkan pemikiran – dan juga hasil karya seseorang di dalam memecahkan masalah-masalah sosial yang sedang berkembang.

Kreatif pun terbagi dalam beberapa bentuk, seperti ide – yang merupakan hasil dari pemikiran kreatif dan dapat menciptakan solusi dari sebuah masalah yang sedang terjadi. Kemudian, dari pemikiran kreatif kamu bisa menghasilkan produk dalam bentuk barang, atau bisa juga jasa yang digunakan oleh masyarakat.

Nah, tanpa adanya proses kreatif, maka produk yang dihasilkan mungkin kurang cocok dengan kebutuhan, lho. Dan yang terakhir, ada pula gagasan – yaitu, ide kreatif yang juga bisa menghasilkan sebuah gagasan, berupa lisan maupun tulisan.

 

Apa Pentingnya Kreativitas Dalam Dunia Kerja?

Credit Image - yooreka.id

Kalau kamu sudah mengetahui apa itu kreatif, kini mesti mengetahui pentingnya hal tersebut dalam dunia kerja. Kemampuan kreatif sangat dibutuhkan agar memberikan hasil kerja yang lebih bermanfaat, adaptif, dan pastinya berkualitas.

Pemimpin yang kreatif dapat memberikan “cahaya” baru untuk karyawannya, sehingga dapat menimbulkan pemahaman atas dimensi baru – dan juga cara yang lebih efektif dalam menyelesaikan masalah.

Untuk mengasah kreativitas, kamu bisa melakukan berbagai hal sederhana, lho. Mulai dari membekali diri dengan pengetahuan yang luas, rutin menulis jurnal, rajin menonton film, hingga berpegang teguh pada prinsip. Kamu mungkin pernah berpikir bahwa kreativitas berarti menciptakan suatu hal baru. Tapi, hal ini salah, lho. Memang, kreativitas berarti menciptakan sesuatu yang baru – namun, bukan benar-benar memikirkan hal baru.

Tetapi, berpikir kreatif bisa dipicu dengan mencari inspirasi dari berbagai sumber – dan berpikir dengan cara berbeda berdasarkan sumber tersebut.

 

Ciri-Ciri Orang Kreatif

Credit Image - profesi-unm.com

Setidaknya ada enam ciri-ciri orang kreatif yang perlu kamu ketahui, nih. Apa saja? Berikut ini di antaranya.

1. Selalu penasaran

Orang kreatif selalu ingin tahu dan senang mempelajari hal-hal baru, seperti dengan menghabiskan waktu luang untuk membaca buku, menonton video, hingga mempelajari sebuah topik yang menurut mereka menarik.

Selain itu, orang yang kreatif akan merasa puas saat dapat memahami konsep yang belum mereka ketahui dan selalu mencari kesempatan untuk terus menggali dan mempelajari keterampilan baru.

Rasa penasaran ini ditunjukkan oleh para kreatif dengan mengajukan pertanyaan “mengapa?” Pertanyaan-pertanyaan ini bertujuan untuk menciptakan diskusi seputar ide dan eksperimen dari masalah yang ingin diselesaikan. Pendekatan ini juga dapat berfungsi sebagai teknik brainstorming untuk mencari jalan keluar dari sebuah masalah.

 

2. Intuitif

Orang yang kreatif cenderung membuat keputusan berdasarkan perasaan, lho. Orang tersebut lebih mempercayai diri sendiri, sekaligus mengikuti kata hatinya, dibanding harus merasa dibatasi oleh tuntutan yang lebih logis.

Dalam kata lain, orang kreatif lebih punya sifat intuitif. Meski pun tidak selalu mengarah kepada solusi yang sempurna, namun cara ini berguna ketika melakukan brainstorming dan menghasilkan ide.

Beberapa individu menggabungkan intuisi masing-masing dengan penalaran logis. Sehingga, setelah menghasilkan ide dari intuisi, kemudian ide tersebut diterapkan dengan logika untuk menguji kelayakannya.

 

3. Berani mengambil risiko

Orang-orang kreatif biasanya bersedia mengambil risiko yang terkait dengan mencoba ide-ide baru. Pasalnya, menurut mereka semua konsep memiliki potensi untuk diuji atau diperiksa agar menjadi sebuah solusi.

Bahkan jika hal tersebut gagal, hal itu dianggap sebagai pelajaran untuk menjadi lebih baik ke depannya. Bagi para kreatif, tidak mengambil risiko akan menghambat inovasi. Untuk meningkatkan toleransi terhadap risiko yang diambil, orang kreatif memikirkan potensi imbalan yang bisa didapat. Dengan begitu, mereka pun memiliki pertimbangan sebelum mengambil risiko. 

 

4. Berpikiran terbuka

Orang yang berpikiran terbuka cenderung bersedia mendengarkan orang lain dan tidak ragu untuk mencoba ide-ide baru. Saat berkolaborasi dengan yang lainnya, orang-orang kreatif ingin mendengar semua kemungkinan dan berniat untuk melakukan eksplorasi lebih jauh. Karena, keterbukaan pikiran tersebut, orang kreatif akan meluangkan waktu untuk mendengarkan orang lain – dan memahaminya.

Selain itu, orang kreatif juga terbuka untuk baru sehingga mereka senang mencoba berbagai cara dalam melakukan pekerjaan. Bahkan, orang kreatif juga tidak ragu untuk bekerja dengan rekan baru, lho.

 

5. Sensitif

Sifat mereka yang terbuka menyebabkan orang kreatif cenderung lebih sensitif. Rasa peka tersebut dapat membantu mereka dalam banyak bidang kehidupan, baik itu secara pribadi maupun profesional.

Orang yang sensitif cenderung lebih mudah didekati orang lain dan mau mendengarkan pikiran atau perasaan mereka. Dengan memperhatikan perasaan orang lain, mereka dapat lebih mudah membangun hubungan yang kuat dan saling percaya.

Kepekaan juga dapat meningkatkan kesadaran terhadap masalah di sekitar mereka yang terkadang menyebabkan rasa peduli dan ingin membantu menyelesaikannya.

 

6. Ambisius

Orang-orang kreatif seringkali memiliki kesadaran terhadap seberapa besar upaya yang telah dilakukan terhadap pekerjaan. Mereka paham bahwa solusi sempurna tidak datang dengan mudah, sehingga harus bekerja keras untuk mencapainya.

Ketika orang-orang kreatif memiliki hasrat akan sesuatu, mereka akan mencoba membuat visual mengenai tujuan – dan berkomitmen untuk mencapainya.

Sekarang kamu sudah memahami ya apa itu kreatif, manfaatnya dalam dunia kerja, sekaligus ciri-ciri orang yang punya kreativitas tinggi. Dan pastinya hal yang satu ini bisa membantu meningkatkan produktivitasmu, lho.

Tapi, agar kamu semakin aktif dan produktif, pastikan tetap menjaga kondisi tubuh, seperti menjalani gaya hidup sehat. Selain itu, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan nutrisi harian – agar kamu memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas. Untuk memperolehnya, kamu direkomendasikan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active, nih.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah ulasan mengenai apa itu kreatif – dan berbagai dampak baiknya dalam dunia kerja. Jadi, apakah kamu sudah menjadi seseorang yang kreatif?

 

 

Featured Image - economy.okezone.com