Kerja dari rumah atau work from home sebenarnya bukan perkara mudah. Hal ini mengacu ke beberapa distraksi yang sangat bisa terjadi di depan kamu. Alhasil, pekerjaan terpaksa berhenti sampai akhirnya tertunda. Jelas hal ini tidak bisa kamu biarkan terus.

Covid-19 atau virus corona memang berhasil ‘mengandangi’ banyak masyarakat untuk tetap berada di rumah saja. Sampai-sampai bekerja di kantor mesti dilakukan dari rumah juga. Distraksi, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bisa jadi masalah yang serius buat kamu.

 

 

Tertundanya pekerjaan bisa jadi ancaman yang serius, lho. Tertundanya pekerjaan yang harusnya kamu selesaikan bisa jadi alasan konyol kalau kamu mesti dapat peringatan keras dari manajemen. Oleh karena itu, kamu mesti paham juga bagaimana menghindari hal-hal tersebut.

Berikut di bawah ini – ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu ikuti dan terapkan agar terhindari dari kebiasaan menunda pekerjaan. Sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Cari yang Paling Mudah, Mulai Dari Sana

Tips pertama yang sederhana untuk kamu agar terhindar dari tertundanya pekerjaan adalah mulai dari yang paling mudah dulu. Kamu bisa buat daftar tugas yang paling mudah terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mengerjakan tugas-tugas kantor yang ringan dengan cepat.

Mungkin cara ini terbilang sederhana, tapi cukup efektif kok karena pekerjaan kamu jadi tidak menumpuk dan kamu bisa siap menerima tugas selanjutnya. Di tips pertama ini, secara tidak langsung kamu berhasil mengefektifkan waktu yang efisien mungkin, lho.

 

Memberitahukan Kondisi Kamu

Bekerja dari rumah bisa jadi distraksi datang dari si kecil dan hal lainnya. Ini mesti kamu sounding sih. Beri komitmen ke berbagai pekerjaan kantor yang mesti kamu selesaikan. Bahkan untuk menjaganya kamu bisa menuliskan tanggal tenggat waktu atau deadline dari pekerjaan tersebut.

Hal ini bisa menjaga kamu untuk tetap fokus karena selalu melihat tenggat waktunya. Sebelum itu, kamu bisa memberitahu orang rumah lainnya untuk tidak mengganggu sejenak karena ada komitmen menyelesaikan pekerjaan kantor terlebih dahulu.

 

Bangun Tidur Lebih Awal!

Bekerja dari rumah bukan berarti kamu bisa bangun siang dan seenaknya saja, ya. Walau kalau soal waktu lebih fleksibel – kamu bisa lho bangun tidur lebih awal untuk bisa menyelesaikan pekerjaan kantor tersebut.

Atau dalam bulan Ramadhan puasa ini – setelah sahur, kamu bisa langsung mengerjakan pekerjaan kantor, lho. Tubuh sedang mendapatkan energi baru, suasana pagi yang tenang, tentu bisa jaga fokus kamu untuk menyelesaikan pekerjaan kantor itu.

 

Meja Kerja yang Nyaman

Percaya atau tidak kalau tempat kerja juga menentukan tingkat produktivitas kamu. Untuk mengerjakan pekerjaan kantor dari rumah, sebaiknya hindari tempat-tempat seperti kamar tidur, bahkan kasur ya. Hal tersebut malah akan mengundang kamu untuk terus-terusan bersantai nih.

Sila punya ‘meja kerja’ tersendiri yang nyaman! Teras rumah, taman samping atau belakang – kamu bisa set dan atur sendiri bagaimana meja kerja yang nyaman agar fokus terus terjaga dan pekerjaan selesai tepat waktu dengan baik.

 

Apresiasi Diri Kamu

Siapa bilang kalau pekerjaan kantor sudah selesai dan kamu tidak bisa dapat apresiasi nih? Tidur siang sejenak, nonton film atau series di Netflix, atau bahkan main games – kenapa tidak? Jika pekerjaan sudah selesai, tentu kamu tenang untuk melakukan hal-hal tersebut.

Hal ini bisa jadi penyemangat kamu tersendiri nih karena akan memacu diri untuk terus menyelesaikan pekerjaan kantor dengan baik dan tepat waktu.

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup jelaskan bagaimana tips untuk menghindari kamu dari kebiasaan menunda pekerjaan? Bisa kamu coba dan terapkan, lho!

 

Feature Image – akurat.co